LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

Hasil akhir dari proses pembelajaran akuntansi dagang  di SMA adalah pembuatan Laporan Keuangan perusahaan dagang. Jadi sebenarnya materi akuntansi dagang yang diberikan di tingkat SMA adalah proses atau tahap dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dagang.

Proses atau tahap dalam untuk membuat laporan keuangan perusahaan dagang dimulai dari analisa bukti transaksi keuangan, pencatatan bukti transaksi keuangan ke dalam jurnal khusus hingga akhirnya pembuatan laporan laba rugi, perubahan modal, neraca dan arus kas.

sehabis kertas kerja ataupun neraca lajur disusun, hingga langkah selanjutnya dalam siklus akuntansi industri dagang merupakan penataan kabar keuangan. kabar keuangan (financial statement) merupakan hasil akhir dari akuntansi yang menggambarkan sesuatu ringkasan transaksi keuangan. kabar keuangan disajikan dengan iktikad membagikan data menimpa posisi harta, utang, dan juga modal dan perolehan laba ataupun rugi yang menampilkan hasil kegiatan yang terjalin dalam rumah tangga industri dan juga menolong pimpinan dalam pengambilan keputusan.  serupa dalam industri jasa, pada lazimnya kabar keuangan yang disusun dalam industri dagang meliputi:  1. kabar laba/rugi,  2. kabar pergantian modal,  3. neraca,  4. kabar arus kas.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *