Lengkapi Waktu Liburan Kalian Menjadi Lebih Seru Dengan Datang Ke Tempat Wisata Pantai Boom Di Tuban

Pantai Boom Tuban merupakan salah satu dari banyak area wisata alam air yang ditawarkan kota yang populer dengan istilah bumi ronggolawe atau kota wali, Tuban, Jawa Timur.

Kota Tuban ini memang termasuk sebagai wilayah pesisir yang cukup panjang dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 65 km yang membentang dari ujung kecamatan Bancar sampai pada kecamatan Palang.

Sekilas Pantai Boom ini terlihat seperti Pantai Losari di Makassar yang umumnya digemari berbagai kalangan untuk berfoto-foto ria karena pantai ini juga menyediakan tempat-tempat indah untuk dijadikan background foto sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama teman dekat, serta keluarga tercinta dengan keindahan fantastis dan ongkos yang sangat murah sekali tentunya.

Sesuai dengan istialah Tuban sebagai kota wali, sejarah Pantai Boom juga tidak dapat dipungkiri lagi dari perjalanan para wali. Pada epera rsebaran agama islam di nusantara, pantai ini dijadikan salah satu transit Wali Songo untuk memperluas ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW ke Pulau Jawa dimana salah satu wali yaitu Sunan Bonang adalah warga asli Tuban tepatnya di area alun-alun barat.

Jauh sebelum Kedatangan wali Songo, Pantai Boom ini bahkan telah menjadi pelabuhan tempat kapal-kapal saudagar dan pedagang rempah-rempah berlabuh untuk menerapkan kegiatan jual beli baik itu warga lokal maupun penjelajah asing pada masa Kerajaan Majapahit yang terkenal akan kekuatannya saat menguasai lautan sampai pada wilayah Sulu dan Malaka.

Lokasi pantai ini tidak susah  untuk ditemukan dan diakses terlebih dengan kecanggihan Google Maps yang memandu siapapun menuju tempat yang sangat jauh sekalipun. Penggunaan Google Maps sepertinya tidak perlu karena Pantai Boom ada di tengah kota tepatnya hanya 100 meter dari pos polisi yang mengarah ke arah tanjung buatan kurang lebih 1 km.

Sebelum tiba di lokasi utama Pantai Boom, pengunjung akan diberikan dan disambut berbagai ornamen peninggalan sejarah misalnya pada di sebelah kiri gerbang terdapat patung tentara tartar yang menceritakan pendaratannya di Pantai Boom tersebut serta ornamen ronggolawe sebagai representasi sejarah masyarakat Tuban masa lampau.

Dari pada jenis pantai-pantai lain, Pantai Boom ini lebih modern secara arsitektur karena fungsinya yang secara tidak langsung menggunakan sebagai museum peninggalan sejarah Tuban. Pantai ini dilengkapi jalan setapak sepanjang jalan dari gerbang sampai area sekitar pantai yang dapat dimanfaatkan warga untuk melakukan kegiatan dan ber jogging.

Selain itu, di pantai ini juga ada salah satu peninggalan sejarah penting yaitu sumur tua bekas peninggalan penjajahan Belanda dimana daya tariknya yaitu air dalam sumur ini tidak asing meskipun ada dekat dengan pantai. Pantai ini juga dilengkapi barak-barak bekas zaman penjajahan slot deposit pulsa yang bisa dipakai sebagai tempat berteduh selain pepohonan yang sengaja ditanam untuk mengatasi panasnya cuaca terik.

Pantai ini tidak hanya memberikan pemandangan alam dari biru ombak laut namun juga peninggalan sejarah seperti cerita sejarah, ornamen, sumur tua yang menjadi saksi bisu sejarah dari negara Indonesia dan perkembangan masyarakat Tuban sehingga cocok dibuat sebagai tempat edukasi warga untuk melestarikan sejarah nusantara.

Selain diberikan dengan pemandangan alam di Pantai Boom dimana pengunjung dapat melihat langsung sunrise, pengunjung juga akan di bandingkan berbagai fasilitas seperti jalan setapak untuk arena jogging, parker yang luas, ornamen-ornamen sejarah, mushola, toilet, deretan rumah makan, penjual makanan serta beberapa jenis souvenir dan tim SAR yang akan memberi pengamanan serta peringatan jika ada ombak sedang naik.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *