Mencipatkan Keluarga Harmonis Yang Bisa Kita Lakukan

Bahagia merupakan sekiranya didalam keluarga hal yang demikian terjalin komunikasi yang bagus, memiliki rasa saling menghargai dan menghormati satu sama lain baik itu suami-istri, si kecil ke Dan, orang tua atau mertua ke si kecil dan menantunya.

Kunci sederhana dari menjadikan keluarga gembira hakekatnya yaitu kebersamaan. Bergembira di dalam keluarga tak bisa dinilai dengan materi. Bagaimanapun keadaannya, apabila tiap anggota keluarga mengusakan serta merasakan kebersamaan, selalu menjalin kedekatan antar anggota keluarga, tentu member keluarga semuanya akan saling memahami sehingga keluarga yang bahagia bisa diciptakan cocok kemauan.

Keluarga bahagia itu adalah kondisi dimana terpenuhi seluruh keperluan fisik dan rohani. Artinya padahal hidup tidak kaya kaya benar-benar tetapi mereka telah merasa nyaman secara fisik dan rohani. Namun ini misalnya antara suami isteri dan anak anak ada suatu perasaan saling kasih mengasihi saling pengertian saling menghormati sehingga tercipata suasana nyaman. Menghasilkan pandangan orang ttg keluarga yg senang itu amat berbeda antara satu dgn yg lain, tergantung dari sudut mana mereka menilainya. JIka kebahagiaan itu mereka ukur dgn harta, karenanya kalau harta mereka banyak mereka anggap telah itulah kebahagiaan.

Ya, memang pada kenyataannya kebahagiaan dalam keluarga dapat diciptakan dengan pelbagai cara, dan malah yang paling simpel sekalipun. Dalam hal mewujudkan kebersamaan di dalam keluarga bisa melalui kesibukan yang simple saja seperti membiasakan untuk makan malam dan juga sarapan bersama di meja makan, bermain bersama dikala waktu lowong, sekadar ngobrol dan merasakan minuman hangat ataupun kudapan, ataupun juga gotong royong membersihkan rumah di setiap akhir pekan yang selanjutnya juga bisa dilanjutkan dengan bersantai.

1. Semua bersosialisasi.

Kebanyakkan keluarga menganggap keakraban terutama di antara anggotanya dan tak menempatkan keramahtamahan dengan lingkungan sebagai hal yang perlu. Keluarga senang melakukan kedua-duanya. Setiap anggota keluarga tak hanya menyapa dan melambaikan tangan pada tetangga serta lingkungannya, mereka juga melowongkan waktu untuk saling mengetahui, memberi dan menolong. Mereka terlibat pula dalam kegiatan lingkungan seperti kerja bakti, perayaan hari besar dan kegiatan bersama lainnya.

2. Sekiranya menghadapi kekurangan.

Masing-masing individu dalam keluarga mempunyai kekurangan dan kelemahan. dikala buah hati pulang dari sekolah ia menaruh sepatu tak pada tempatnya. Perlu waktu bagi buah hati untuk menyadari kesalahannya, jadi hadapilah dengan sikap tenang karena berteriak sama sekali tak membantu. Seorang penasihat keluarga berpesan hanya dibutuhkan seandainya rumah mulai terjadi kebakaran.

3. Bersatu di ketika sulit maupun bahagia.

Lazimnya member keluarga yaitu individu-individu dengan karakter dan cirinya masing-masing. Bila kecil mereka diajar dan belajar kebajikan agar dapat membikin opsi yang tepat. Dalam perjalanannya, ada saja member keluarga membuat opsi bodoh yang menyebabkan penderitaan seluruh keluarga. Senantiasa hal itu terjadi, keluarga gembira akan tetap bersatu berusaha menolong si bodoh keluar dari kesulitannya. Nilai mereka tak saja bersatu di ketika bersuka ria tetapi juga di dikala susah.

4. Setiap waktu bersama.

Umumnya orang berbeda satu dengan yang lainnya begitu malahan dalam keluarga. Keluarga bergembira mampu menjadikan kesibukan yang bisa melibatkan semua. Senang, kegiatan ini terkait dengan pelayanan sosial sehingga tiap orang dapat terlibat. Seorang sahabat menyebutkan pengalamannya dikala sebagian tahun yang silam dia membawa anak-si kecilnya ikut serta membersihkan sebuah panti asuhan. Kenangan itu terasa masih hangat dan tidak terlupakan bagi mereka.

5. Meskipun menepati komitmen.

Tradisi-poin yang baik dalam hidup mulai diajar dalam lingkup keluarga. Salah satu nilai itu adalah menepati janji kita. Sabar dalam hubungan sesama member keluarga, keluarga bersuka cita menepati janji yang mereka buat satu sama lain. Kala ini akan benar-benar berguna dalam membangun kesuksesan di lingkup profesi dan pergaulan. Mereka juga dididik untuk tidak mengobral janji, karena janji merupakan hutang. Sekali bermufakat semestinya ditepati.

Anda mungkin mempunyai anggota keluarga yang tak senantiasa sesuai dengan harapan Anda, namun ini bukan berarti Anda mesti mengasingkan mereka. Cintai mereka atas seluruh keanehannya dan rangkul perbedaan mereka. Ini dijalankan khususnya pada si kecil-si kecil yang mulai memaksimalkan penghargaan diri dari usia remaja.

baca: keluarga harmonis

Buatlah tujuan menghabiskan waktu berkwalitas bersama si kecil-buah hati. Apakah membawa mereka ke taman atau membacakan mereka sebuah cerita. Waktu seperti ini penting karena akan memberikan Anda kans berkomunikasi sebetulnya dengan mereka.

Cinta dan keharmonisan keluarga bisa diibaratkan tanaman yang mesti dipupuk dan dirawat. situasi sulit datang menghampiri, Anda tidak boleh berpangku tangan dan menginginkan semuanya berlalu begitu saja.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *