Pengertian dan Rumus Gelombang Mekanik

Dalam diskusi ini kita akan menjelaskan Gelombang Mekanik. Termasuk pengertian, karakteristik, dan rumus dengan diskusi yang lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya, periksa ulasan di bawah ini dengan cermat.

Mari kita bahas pengertiannya lebih dulu.

Pengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik adalah gelombang yang ketika bepergian membutuhkan media, yang menjadi saluran energi untuk kebutuhan proses perambatan gelombang. Contoh dari gelombang mekanik yang merambat melalui perubahan tekanan udara di ruang (kepadatan molekul udara) adalah suara.

Tanda kehadiran udara, suara tidak bisa diperbanyak. Contoh gelombang mekanik lainnya adalah gelombang dan gelombang pada tali. Definisi lain dari gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan sarana untuk bergerak. Gelombang laut, gelombang tali atau gelombang bunyi juga termasuk dalam kategori gelombang mekanik.

Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan sarana untuk bergerak. Gelombang mekanik juga termasuk gelombang laut, gelombang tali atau gelombang suara. Kita bisa melihat gelombang ombak laut karena ombak menggunakan laut sebagai perantara. Kita dapat mendengarkan musik karena gelombang suara mengalir di udara ke telinga kita. Tanpa udara kita tidak bisa mendengar suara. Dalam hal ini, udara bertindak sebagai sarana rambatan gelombang suara.

Karakteristik Gelombang Mekanik

Karakteristik atau karakteristik gelombang mekanik termasuk gelombang mekanik yang membutuhkan alat atau perantara untuk melakukan perpindahan. Gelombang ini memiliki panjang gelombang, periode gelombang, frekuensi gelombang dan rambatan gelombang. Panjang gelombang yang diperoleh oleh gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sangat berbeda. Panjang gelombang transversal dapat diukur dari bukit, puncak dan gelombang dasar.

Periode gelombang adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengambil gelombang. Sedangkan frekuensi gelombang adalah jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detik. Dan propagasi gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang lengkap setiap detik.

  1. Gelombang transversal

Gelombang transversal adalah jenis gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getaran. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali, gelombang cahaya, gelombang permukaan, gelombang geser, dan sebagainya.

2. Gelombang longitudinal

Gelombang longitudinal adalah jenis gelombang yang memiliki arah rambat paralel dengan arah getaran. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang di udara, gelombang bunyi di udara, gelombang di mata air dan lainnya.

Rumus Gelombang Mekanik

Rumus yang digunakan dalam gelombang mekanik meliputi:

T = t / n

f = n / t

dan

T = 1 / f

f = 1 / T

Keterangan Rumus :

  • T = Periode, yang merupakan waktu yang dibutuhkan untuk mengambil gelombang
  • t = waktu
  • n = jumlah gelombang (kali)
  • f = frekuensi (Hz), yaitu jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detik

Untuk menentukan propagasi gelombang, persamaan atau rumus berikut digunakan:

v = λ.f atau v = λ / T

Deskripsi:

λ = panjang gelombang (m)

v = perambatan gelombang (m / s)

Itulah pembahasan lengkap tentang gelombang mekanik, semoga bermanfaat…

Sumber artikel : https://rumusrumus.com/

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *