gelombang elektro

Pengertian dan Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat menyebar bahkan jika tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang dapat diukur, yaitu: panjang gelombang / panjang gelombang, frekuensi, amplitudo / amplitudo, kecepatan. Amplitudo adalah ketinggian gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melewati suatu titik dalam satuan waktu.

gelombang elektro
gelombang elektro

Frekuensi tergantung pada kecepatan rambat gelombang. Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya), panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang gelombang, semakin rendah frekuensi dan semakin pendek gelombang, semakin tinggi frekuensi.

Energi elektromagnetik dipancarkan, atau dilepaskan, oleh semua periode di alam semesta pada tingkat yang berbeda. Semakin tinggi tingkat energi dalam sumber daya, semakin rendah panjang gelombang energi yang dihasilkan dan semakin tinggi frekuensinya. Perbedaan karakteristik energi gelombang digunakan untuk mengklasifikasikan energi elektromagnetik.

Menurut Christian Huygens (1629-1695), seorang ilmuwan Belanda mengklaim bahwa cahaya pada dasarnya sama dengan suara dan merupakan gelombang. Perbedaan cahaya dan suara hanya terletak pada panjang gelombang dan frekuensi. Dalam teori ini, Huygens menganggap bahwa setiap titik pada muka gelombang dapat dianggap sebagai sumber gelombang baru dan arah muka gelombang selalu tegak lurus terhadap muka gelombang yang dimaksud.

Dalam teori Huygens, peristiwa refleksi, pembiasan, gangguan atau difraksi cahaya dapat dijelaskan dengan presisi, tetapi dalam teori Huygens ada kesulitan dalam menjelaskan sifat cahaya yang merambat secara langsung.

Dasar teoritis untuk propagasi gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada tahun 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam karyanya di Royal Society pada teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: teori dinamika medan elektromagnetik), berdasarkan hasil dari pekerjaan penelitiannya antara 1861 dan 1865.

Esai James Clerk Maxwell (1831-1879), seorang ilmuwan Inggris (Skotlandia), menyatakan bahwa perambatan gelombang elektromagnetik sama dengan perambatan cahaya yang cepat yaitu 3 Ă— 108 m / s, jadi Maxwell Ia menyimpulkan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

  • Perubahan medan listrik dan magnet terjadi secara bersamaan.
  • Arah medan listrik dan magnet saling tegak lurus.
  • Besarnya medan listrik dan magnet sebanding satu sama lain, sesuai dengan hubungan E = c.B.
  • Arah rambat gelombang elektromagnetik selalu tegak lurus terhadap arah medan listrik dan magnet.
  • Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang hampa.
  • Gelombang elektromagnetik merambat pada kecepatan yang hanya tergantung pada sifat listrik dan magnetik medium.
  • Kecepatan rambat gelombang elektromagnetik dalam ruang hampa adalah nilai konstanta yang sama dan berbeda = 3 x 108 m / s.
  • Gelombang elektromagnetik adalah dalam bentuk gelombang transversal.
  • Gelombang elektromagnetik dapat mengalami proses refleksi, refraksi, polarisasi, interferensi dan difraksi (bending).

Cahaya yang terlihat oleh mata bukan hanya tipe yang memungkinkan radiasi elektromagnetik. Opini James Clerk Maxwell menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik lainnya, berbeda dengan cahaya tampak di mata, memiliki panjang gelombang dan frekuensi. Kesimpulan teoretis ini secara mengagumkan diperkuat oleh Heinrich Hertz, yang mampu menghasilkan dan memuaskan dua gelombang mata yang terlihat yang diprediksi Maxwell.

Beberapa tahun kemudian, Guglielmo Marconi menunjukkan bahwa gelombang mata yang tak terlihat dapat digunakan untuk komunikasi nirkabel untuk memanggil radio. Sekarang, kami juga menggunakan televisi, sinar-X, sinar gamma, sinar inframerah, sinar ultraviolet adalah contoh radiasi elektromagnetik. Semuanya bisa dipelajari melalui pikiran Maxwell.
Itulah penjelasan singkat tentang gelombang elektromagnetik semoga bermanfaat…
Refrensi : rumus

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *