Perhatikan Keuntungan Dan Kerugian Dalam Menerapkan Baby Led Weaning Pada Anak

Ibu muda biasanya memiliki penerapan metode pertumbuhan pada anak yang lebih beragam dan bervariasi, biasanya mereka adalah para ibu yang senang dengan metode baru yang tujuannya lebih mendisiplinkan dan lebih melakukan pertumbuhan dengan berbagai kesenangn. Apalagi didukung dengan perkembangan jaman yang semakin maju, para ibu muda ini lebih mudah dalam mencari referensi untuk pertumbuhan anak-anaknya, mereka jadi tidak terbatas dalam mencari atau mendapatkan berbagai pengetahuan.

Metode yang saat ini paling banya diikuti para ibu muda yaitu, metode baby led weaning. Metode ini ingin memberikan pelajaran disiplin bagi tumbuh kembang anak sedari kecil dalam cara anak untuk mampu menentukan atau memilih makanan yang ingin dia makan, begitupun cara mudah untuk menyapih anak dari asi sesuai dnegan pilihan sia anak. Metode ini membiarkan anak untuk merasakan dan memegang makanannya sendiri sesuai dengan kebutuhan tidak di atur oleh keinginan siibu yang mungkin akan melarang beberapa makanan masuk kedalam makanannya karena biasanya mereka akan menyuapi makanan bagi anak mereka sendiri.

Beberapa ibu memilih metode ini, karena metodenya sangat simpel dan memiliki banyak keuntungan seperti anak jadi lebih cepat dalam perkembangan menggenggam, mengunyah dan menelan makanannya, anak juga lebih senang dalam makan karena menentukan jenis makanan kesukaanya sendiri, tanpa disadari anak akan diajarkan lebih disiplin dalam jam waktu makan, dalam memilih makanan, anak juga jadi bisa memilih mana yang termasuk makanan dan mana yang tidak, biasanya anak juga akan lebih cepat belajar pada hal-hal baru, anak anda juga lebih tahu makanan yang bergizi karena biasanya makanan yang diberikan dalam metode baby led weaning ini lebih sehat karena dikukus, direbus atau pemilihan protein seperti daging dan ikan yang lebih lembut dengan penggorengan dan bumbu yang tidak berlebihan.

Dari banyak manfaat yang ditawarkan ada bebefrapa kekurangan yang juga harus diperhatikan, jika anda belum terlalu memahami konsep dari baby led weaning itu sendiri. Sperti,

  1. Anak akan tersedak jika makanan yang dipilih tidak lembut dan memiliki bentuk yang tidak tepat.
  2. Ada banyak makanan yang terbuang, nah ketika memulai anak anda psti tidak akan langsung memakan , mereka mungkin akan menjadikan makanan sebagai mainan.
  3. Alergi pada makanan, nah biasanya para ibu juga belum mempelajari alergi apa yang dimiliki anak, sehingga terkadang anak malah tersedak, gatal atau jenis efek aergi lainnya.

Konsep dari baby led weaning memang memberikan keuntungan yang sangat banyak, namun anda jangan sampai melupakan beberapa kemungkinan kondisi buruk yang mungkin kaan mempengaruhi pertumbuhan anak. Itu sebabnya perlu untuk anda agar berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter anak pilihan anda, juga anda harus banyak memiliki referensi dan berbagai macam pengetahuan agar anda bisa mengerti banyak metode satu ini.

source: sgm produk

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *