Ragam Ikan Air Tawar yang Paling Prospek untuk Dibudidayakan

Gairah usaha budidaya ikan air tawar terus meningkat seiring terus tumbuhnya kebutuhan masyarakat terhadap ikan konsumsi. Namun tidak semua jenis ikan prospektif untuk dibudidayakan karena berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

Lantas apa saja sih jenis ikan yang paling banyak diusahakan masyarakat untuk dibudidakan, berikut ini ulasan selengkapnya.

Ikan Patin

Ikan patin merupakan jenis ikan yang sangat populer dan banyak disukai masyarakat karena rasa dagingnya yang enak dan juga bergizi. Sebenarnya ada sekitar 14 spesies ikan patin di Indonesia namun yang paling banyak dibudidayakan jenis patin asal Thailand yang memiliki nama Pangasius hypothalamus. Sayangnya, negara kita masih harus mengimpor ikan patin dari Vietnam untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri yang cukup tinggi.

Teknik budidaya ikan patin sebenarnya tidaklah sulit. Untuk pembesarannya, jumlah ikan patin untuk per meter kubik kolam bisa diisi sekitar 20 hingga 30 ekor bibit ikan. Sedangkan untuk waktu panennya umumnya dilakukan setelah berumur 6 bulan.

Ikan nila

Ikan nila atau Oreochromis niloticus juga jenis ikan air tawar yang mudah dubudidayakan dan pertumbuhannya juga terbilang cepat dengan waktu panen sekitar 4 hingga 6 bulan. Ikan ini juga tahan terhadap penyakit dan tidak rewel dalam perawatannya. Anda juga bisa melakukan pembibitan sendiri untuk budidaya ini dimana dari sepasang indukan dapat dihasilkan telur sebanyak 250 hingga 1.000 butir.

Ikan Gurame

Ikan gurame (Osphronemus goramy) juga termausk jenis ikan konsumsi yang sangat terkenal dan banyak disukai masyarakat. Rasanya yang enak, olahan masakah ikan gurame zangat lezat membuatnya disukai orang. Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Selain waktu panennya yang juga cukup pendek, budidaya ikan gurame ini juga relatif mudah dan tidak ribet.
Itulah jenis ikan air tawar yang sangat populer dan banyak diusahakan masyarakat. Tingginya minat masyarakat terhadap jenis-jenis ikan di atas membuat permintaan pasar terus meningkat dari waktu ke waktu. Hanya dengan berbekal halaman pekarangan yang seadanya, budidaya ikan air tawar mudah dilakukan dengan media apapun.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *