Seperti Inilah Langkah Palung Mudah Dalam Perindah Rumah Dengan Cara Membuat Taman Di Atap Rumah

Menjaga keindahan lingkungan hidup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu nya adalah dengan membuat dalam rumah dengan cara membuat taman yang hijau dan asri. Lalu bagaimana ceritanya kalau rumah yang dimiliki tidak terlalu luas apakah masih bisa membuat taman? Jika sudah seperti dalam kondisi yang seperti ini,  sebenarnya ada banyak sekali solusi yang bisa dijadikan pilihan. Diantaranya dengan membuat taman pada bagian atap rumah atau roof garden.  

Taman yang ada di atas atap merupakan salah satu alternatif terbaik dalam penghijauan untuk meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di kota-kota besar. Selain dapat menambah keteduhan, roof garden juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap berbagai jenis gas beracun. Nah, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, kali ini saya  akan memberikan beberapa rahaisia untuk membuat taman di atap rumah dengan mudah dan sederhana:

  • Tahapan Membuat Taman Di Atap Rumah

Pertaman taman melapisi bagian atap yang ingin dibuat taman dengan water proofing. Kemudoian biarkan selama sehari sampai benar-benar kering. Kemudia langkah selanjutnya pengacian,  yang dimaksud pengacian adalag dengan penambahan lapisan semen, langkah ini membutuhkan pengeringan selama sehari. Berikutnya beri lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextile).

Setelah proses di atas sudah selesai dikerjakan, kemudian bubuhi tanah dan siap ditanami tumbuhan. Penanaman diawali dengan menanam rumput, semak, baru setelah itu tanaman pohon. Untuk mencegah kerusakan pada lapisan kedap air (water proof layer), lapisan penahan harus ditambah supaya akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton pada bagian bawahnya.

Untuk besar taman yang hendak ditanam pun tidak perlu dengan yang berukuran besar, cukup dengan lahan 4×4 meter persegi saja kalian sudah bisa menciptakan taman atap yang memadai. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah pada masalah drainase terutama untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media tersebut.

Maka dengan ini hindarkan dak atas bangunan yang akan mengalami kebocoran akibat sistem drainasenya yang tidak benar. Salah satu solusi untuk sistem drainase yang baik adalah dengan memberikan kemiringan tertentu pada atap dak beton agar tidak menampung air saat hujan. Hal ini tentunya akan membuat air dengan mudah mengalir ke saluran pembuangan dengan baik.

  • Ciri Tanaman Yang Sesuai

Dalam langkah yang ini,  kalian wajib memuluh tanaman yang memang benar benar pas untuk ditanam diatas rumah. Apa jadinya jika kalian menanam pohon jati diatas ruah? Bukannnya lingkungan hijau yang asri namun malah rumah anda hancur karena tidak kuat menahan berat pohon saat besar. Pilih tanaman yang bisa menahan panas , Hal ini menjadi sangat penting diperhatikan mengingat lokasi pertumbuhan tanaman ada di atap.

Jadi pilih tanaman yang memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari dibandingkan taman biasa. Hindari tanaman yang berakar menghujam ke bawah seperti palem. Pilihlah tanaman yang memiliki akar menyebar dan pertumbuhannya lamban, misalnya pohon pagoda.

Pilih tanaman yang memiliki pertumbuhan bunga yang sering atau rajin berbunga misalkan, bunga mawar, melati, tapak dara, atau mungkin bougainville. Pilih tanaman yang percabangan yang banyak untuk menciptakan bentuk yang sedikit rimbun. Misalnya seperti pohon pagoda, kamboja.

Demikian beberapa langkah untuk menghias atap rumah agar terlihat indah dan asri,  semoga dapat bermanfaat dan membantu. Terimakasi atas kunjungannya dan baca juga artikel sewa kantor jakarta pusat.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *