Meriahkan Hakteknas ke-21, UNS dan TNI Gelar Technomilitary Festival

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menggelar pameran dan pementasan tahunan untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 yang jatuh pada 10 Agustus 2016. Pameran dan pementasan yang bernama TNI-UNSTechnomilitary Festival ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan Lustrum UNS ke-8 Maret 2016 lalu. Tema yang diusung dalam pameran ini adalah “UNS bersama TNI Mengembangkan Ketahanan Nasional yang Berbasis Teknologi”. Pameran ini akan diselenggarakan Rabu-Jumat 10-12 Agustus 2016. TNI-UNS Technomilitary Festival akan memamerkan beberapa alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari TNI Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Udara (AU).

hakteknas

(kiri-kanan) Kapenrem 074 Warastratama Mantang, Kepala LPPM UNS Sulistyo Saputro, Wakil Rektor Bidang Akademik Sutarno, Danlanud Adi Soemarmo Agus S., dan Ketua panitia Ary Setyawan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Sutarno mengungkapkan bahwa kerja sama antara UNS dan TNI ini bukan pertama kalinya. Banyak kerja sama yang sudah dijalankan seperti pemberian materi kuliah umum setiap tahun ajaran baru. Ia mengungkapkan mengapa UNS dan TNI berkolaborasi dalam festival teknologi dalam bidang militer kali ini.

UNS sedang mengupayakan pengembangan riset dan teknologi pertahanan dan keamanan yang juga merupakan instruksi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pengembangan riset di bidang pertahanan keamanan tersebut didukung berbagai bidang ilmu seperti teknologi material, teknologi aerodinamika, teknologi informatika, teknologi propulsi, biologi molekuler, dan lain sebagainya.

Ketua Panitia Bidang Pameran Lustrum ke-8 UNS Ary Setyawan menambahkan bahwa belum banyak periset-periset dari UNS yang fokus pada bidang teknologi pertahanan dan keamanan. “Ini sebagai pembuka jalan kerja sama dengan TNI,” tuturnya.

Pihak TNI

Agus Supriyanto selaku Komandan Landasan Udara Adi Soemarmo menyambut baik kerja sama festival ini. “Momen-momen seperti inilah yang kami tunggu. Kami ingin lebih mendekatkan kami (pihak AU—Red.) kepada masyarakat,” ungkapnya saat jumpa pers, Rabu (3/8/2016). Pihaknya akan menunjukkan dua jenis pameran yaitu statis dan dinamis. Pameran jenis statis tersebut meliputi simulator radar militer dan sipil, selain itu juga persenjataan pesawat tempur baik rudal dan senjata lainnya.

hakteknas

Untuk pameran jenis dinamisnya, ia menerangkan akan memamerkan kesenian dari marching band hingga tarian kreasi baru. TNI AU juga akan memamerkan aeromodelling berupa helikopter yang sebelumnya atlet dari lanud tersebut menyabet prediket terbaik juara dunia di kompetisi Australia. Selain itu, Agus berjanji akan mengupayakan agar setiap hari selama pameran berlangsung ada pesawat tempur yang lewat di atas tempat pameran. “Ya, ini dalam rangka memeriahkan kegiatan ini,” imbuhnya.

[Baca juga: TNI-UNS Technomilitary Festival: Zona Pameran dan Peserta]

Baca juga: Ayo, Dapatkan Door Prize TNI-UNS Technomilitary Festival]

Sedangkan dari pihak TNI AD, Mantang selaku Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 074 Warastratama mengatakan baru kali ini pameran alutsista masuk kampus. “Diharapkan dengan gebrakan UNS ini, perguruan tinggi lain bisa meniru,” harapnya. Pihaknya akan memberikan hiburan gratis kepada masyarakat sekitar dan juga warga UNS. Mereka, masih lanjut Mantang, bisa main bebas di tank maupun panser yang nanti dipamerkan.[dodo.red.uns.ac.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *