Ritech Expo 2016, Menko PMK: 2016 adalah Tahun Dimulainya Inovasi di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani secara resmi buka Ritech Expo saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 di Stadion Manahan Surakarta, Rabu (10/8/2016). Selain Puan Maharani, acara Puncak Peringatan Hakteknas-21 juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo; Menristekdikti, Mohamad Nasir; Menteri Kesehatan, Nila Moeloek; dan Menteri Perindustrian, Saleh Husin. Sebelumnya, beberapa menteri Republik Indonesia tersebut telah mengunjungi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sebelas Maret (RSP UNS) Surakarta melakukan peninjauan.

Baca juga: Menko PMK Tinjau RSP UNS

Perayaan Hakteknas-21 sengaja diselenggarakan di Kota Solo dengan semangat untuk mendorong tumbuh kembangnya inovasi berbasis sumber daya daerah. Selain itu, Kota Solo merupakan salah satu kota yang memiliki wahana pengembangan inovasi yang paling baik di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), yakni Solo TechnoPark.

inovasi

Menko PMK, Puan Maharani saat sampaikan sambutan dalam pembukaan Ritech Expo 2016.

Puan Maharani, dalam pidatonya, mengatakan bahwa 2016 adalah tahun dimulainya tahun inovasi di Indonesia di mana acara peringatan tidak hanya sekedar seremonial saja, melainkan juga harus mendorong munculnya inovasi baru. Puan juga menekankan bahwa tidak cukup perguruan tinggi saja yang harus melakukan hal-hal yang bersinergi untuk mendorong munculnya start-up baru, melainkan juga di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Pentingnya peningkatan SDM juga menjadi salah satu fokus yang dibahas karena dengan SDM yang menguasai teknologi, kesejahteraan bangsa dan negara akan terdorong. Hal tersebut juga harus disertai dengan peraturan dan regulasi yang mendukung, salah satunya yang baru-baru ini diresmikan adalah disetujuinya Undang-Undang Paten oleh DPR yang menjamin hak royalti bagi peneliti atas inovasinya.

Baca juga: Menko PMK Puan Maharani Buka Gelaran TNI-UNS Technomilitary Festival

Ritech Expo yang akan memeriahkan Peringatan Hakteknas-21 hingga tanggal 13 Agustus 2016 mendatang. Ritech Expo menyuguhkan berbagai produk inovasi teknologi buatan beberapa perguruan tinggi dan instansi di Indonesia seperti sepeda listrik, motor listrik, simulator kapal selam, simulator pesawat N291, kendaraan berat seperti tank dan blackhoe juga tidak ketinggalan memeriahkan acara ini. [anggiayu.red.uns.ac.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *