5 Bisnis Ekspor yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Asianami.com – Kegiatan ekspor yang dilakukan Indonesia ke negara lainnya akan memberikan keuntungan bagi negara. Ada banyak bisnis ekspor yang menjanjikan dan bisa berpeluang memberikan keuntungan bagi eksportir.

5 Bisnis Ekspor yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Tidak hanya ekspor pada sektor migas saja yang jadi primadona, produk dari non migas juga menjadi peluang terbaik para eksportir.

1. Kerajinan Tangan

Di Indonesia sangat terkenal dengan kerajinan tangan yang beraneka macam dan tersebar di banyak daerah. Setiap daerah yang mengembangkan kerajinan tangan ini juga memiliki ciri khas dan kreatifitas tersendiri.

Adapun kerajinan tangan yang ada ini membuka peluang bisnis ekspor semakin menguntungkan. Salah satu pilihan kerajinan tangan yang dipilih dan ada saat ini yaitu kerajinan mahkota raja.

Sebuah kerajinan yang unik dikembangkan di Boyolali, Jawa Tengah menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan. Mahkota raja atau disebut juga dengan kuluk manten ini memang terlihat unik dan menjadi cinderamata yang sangat diminati konsumen luar negeri.

2. Batik

Batik merupakan ciri khas Indonesia, dimana kain dilukis atau dibatik dengan beragam corak. Masing-masing daerah memiliki corak batik yang berbeda, seperti batik Pekalongan, batik Cirebon,batik Yogyakarta, Batik Solo dan lainnya.

Setiap batik  yang dihasilkan memberikan simbol dan makna yang berbeda sesuai dengan daerahnya. Bisnis ekspor yang menjanjikan satu ini memang menarik minat para konsumen luar negeri.

 Batik dari segi estetika memiliki nilai tinggi dan  unik. Tak heran jika banyak negara di luar Indonesia yang tertarik untuk mengimpor batik dari Indonesia.

3. Furniture dan Kulit

Tidak hanya batik saja sebagai komoditas ekspor yang bisa membuka peluang keuntungan. Kerajinan furnitur juga menjadi salah satu peluang ekspor. Seperti furnitur yang sangat terkenal dari  para pengrajin Jepara dari zaman kolonial furniture Jepara sudah dikirim ke luar negeri.

Selain furniture juga ada kerajinan dari kulit, yang paling terkenal pengrajin kulit dari Garut, Jawa Barat. Banyak produk yang lahir dari bahan dasar kulit ini, seperti jaket kulit, hiasan, dompet, ikat pinggang dan lainnya. Pastinya kulit sebagai bahan utama sebuah produk memiliki nilai tersendiri dan lebih unik.

4. Kopi

Tidak hanya barang saja yang menjadi pilihan untuk di ekspor ke luar negeri, tapi juga hasil perkebunan bisa jadi peluang. Salah satunya dengan mengekspor kopi, dimana Indonesia memang memiliki perkebunan kopi yang luas.

Pastinya setiap kopi yang diproduksi Indonesia memiliki cita rasa tersendiri, contohnya kopi Aceh. Memastikan produk kopi terbaik saat ini yang begitu sangat menjanjikan bisa menjadi peluang ekspor terbaik.

Biji kopi pilihan yang dihasilkan ini jadi bisnis ekspor yang menjanjikan dan berpeluang mendapatkan keuntungan. Sebagai bahan dasar aneka jenis kopi dan produk lainnya maka Indonesia menjadi pengekspor kopi.

5. Belut

Berikutnya hasil perikanan  yang bisa menjadi peluang ekspor yaitu belut. Banyak negara asia, seperti Jepang, Cina juga Korea mengkonsumsi belut. Hal ini yang membuka peluang bagi Indonesia dalam memproduksi belut sebagai pemenuhan kebutuhan ekspor ke negara lainnya.

Belut merupakan bagian ikan air tawar yang termasuk mudah saat dikembangbiakkan. Apalagi belut bisa hidup di area sawah dan sangat banyak ditemui. Jadi belut bisa membuka peluang yang menjanjikan untuk menjalankan bisnis ekspor terbaik saat ini.

Dengan melihat peluang bisnis ekspor yang menjanjikan juga bisa memberikan keuntungan ini. Maka tinggal mengembangkan produk dan inovasi terbaik dalam pemenuhan kebutuhan. Adapun beragam produk bisnis ini merupakan produk yang memang digemari dan banyak peminatnya di luar negeri.