Skip to content

Ikan Guppy Si kecil Yang Menawan dan berekor Indah

Ikan guppy atau ikan gobi atau ikan gapi merupakan salah satu jenis dari ribuan ikan hias air tawar yang akhir-akhir ini begitu populer. Walaupun mempunyai ukuran yang kecil seperti ikan cupang tetapi orang-orang banyak menyukainya terutama bagian ekornya yang mempunyai warna beramacam-macam.

Saat ini ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang banyak dicari oleh masyarakat. Ikan guppy yang berasal dari Benua Amerika ini mempunyai nama latin Poecilia reticulata. Klasisfikasi ikan guppy yaitu Genus : Poeciliidae, Ordo : Cyprinodontiformes, kelas : Actinopterygii dan filum : Chordata. Ikan guppy ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy di Trinidad pada 1866.

Ukuran dari ikan guppy mempunyai panjang maximal sekitar 5 cm untuk yang jantan, sedangkan yang betina berukuran lebih besar yaitu panjang sekitar 6 cm, tetapi secara umum guppy mempunyai panjang rata-rata 2,8 cm
Selain ukuran yang lebih kecil dari betina, ikan guppy jantan mempunyai ekor dengan warna dan pola yang beragam itulah mengapa pejantan yang mempunyai daya jual yang tinggi, sedangkan induk betina tidak ada yang istimewa dari tampilannya hampir semua berwarna kusam.

Ada hal unik dari cara reproduksi ikan ini, dilansir dari ikanguppy.net indukan betina dapat menyimpan sperma si pejantan sampai beberapa bulan sehingga dalam sekali pembuahan, ikan guppy betina bisa hamil sampai 3 kali. Kemudian proses kelahiran anaknya mempunyai proses yang mirip dengan ikan paus, yaitu menyimpan telur dan menetaskan di dalam perut kemudia embrio yang sudah menetas tersebut disimpan dahulu didalam perutnya sampai nanti saatnya untuk melahirkan.

Jika kita berniat ingin budidaya ikan guppy, sebaiknya kira harus terlebih dahulu mengetahui informasi mendasar dari ikan ini. salah satunya kita harus menyiapkan wadah yang digunakan sebagai media untuk pemisahan indukan, pemijahan, penetasan dan pendederan dari ikan guppy.

Kita juga harus lebih selektif dalam memilih indukan karena jika indukan berkualitas unggul maka anaknya kemungkinan besar mempunyai kualitas yang bagus pula. Kesuksesan budidaya ikan guppy ditandai dengan lahirnya anakan yang berkelamin jantan karena ikan yang berkelamin jantan yang mempunyai daya jual tinggi. Pembahasan lebih detail semua yang berhubungan dengan ikan guppy bisa kamu baca di ikanguppy.net

Published inikan hias