Merawat Motor Sport Yang Gak Ribet!

Merawat sebuah motor sport sudah menjadi kewajiban bagi anda yang mempunyai motor sport, dan hal itu sebenarnya mudah dilakukan. Memiliki sepeda motor bagi sebagian orang bukan sekedar alat transportasi. Kini banyak juga yang memiliki sepeda motor untuk memenuhi gaya hidup mereka yang semakin maju.

Motor sport sepertinya sudah tidak unik lagi saat ini karena semakin banyaknya pilihan harga dan jenis motor sport. Setiap motor sport yang telah dirilis tentunya telah mengusung beberapa fitur yang berteknologi canggih sehingga konsumen tertarik untuk memilikinya.

Apalagi di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali informasi mengenai cara dan tutorial merawat motor sport sesuai tipenya. Sebagai contoh; Jika Anda pengguna motor besar dari Kawasaki Vulcan, maka Anda bisa membaca manual atau manual Kawasaki Vulcan terlebih dahulu.

Pada dasarnya merawat motor sport sama dengan merawat motor yang biasa kita pakai, namun ada beberapa bagian yang memang perlu lebih hati-hati dalam merawatnya. Salah satu moda transportasi yang dianggap dapat merepresentasikan gaya hidup sekaligus memudahkan perjalanan di kota besar dengan kendaraan berat adalah motor sport. Saat ini motor jenis ini sudah sukses merebut hati para pecinta otomotif di kota-kota besar.

Jenis motor sport 150cc atau lebih ini tidak hanya lincah dalam mengatasi kemacetan lalu lintas kota, tetapi juga merupakan tumpangan dengan banyak prestise.

Tampilannya yang stylish, dipadukan dengan teknologi mumpuni, dan kemampuannya menembus lalu lintas membuat sebuah motor sport layak dimiliki. Bahkan bagi para kolektor kendaraan cepat, motor sport pasti menjadi salah satu koleksinya.

Nah, buat yang sudah terlanjur jatuh cinta, kamu juga harus tahu cara merawatnya. Perawatan yang benar tidak hanya akan membuatnya awet dan terlihat bagus, tetapi mesin juga akan tetap dalam kondisi prima.

Berikut beberapa tips sederhana dan muda dalam merawat motor sport anda, agar awet dan selalu nyaman dikendarai.

Nyalakan motor setiap hari

Tips berikut berlaku bagi Anda yang jarang menggunakan motor sport atau hanya menggunakannya di akhir pekan. Jika perlu anda perlu mendapatkan paket bengkel motor yang berkualitas.

Setiap hari, luangkan waktu untuk menghidupkan mesin motor sport Anda setidaknya selama 15 menit. Hal ini bertujuan agar seluruh komponen motor sport Anda tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Periksa selang dan pompa bahan bakar secara teratur

Jika motor Anda sudah menempuh jarak 2.000 kilometer, sangat disarankan untuk memeriksa selang bahan bakar. Selang yang kotor akan mempengaruhi kinerja bahan bakar injeksi di mesin. Jika perlu  cari sparepart motor terdekat untuk memeriksa motor anda.

Selain selang bahan bakar, pompa bahan bakar juga harus diperiksa secara rutin. Caranya, hidupkan motor dan dengarkan suara dari tangki bahan bakar dengan seksama. Jika terdengar suara whoosh, maka Anda diminta segera menguras tangki bahan bakar di bengkel resmi terdekat.

Periksa kondisi oli mesin

Oli merupakan bahan yang vital, karena berfungsi melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Jika Anda menggunakan kendaraan setiap hari, disarankan untuk mengganti oli sebulan sekali. Namun, jika jarang digunakan, cukup mengganti oli setiap dua bulan sekali.

Selalu gunakan bahan bakar yang berkualitas

Motor sport merupakan produk istimewa dengan kualitas istimewa pula. Tidak seperti kebanyakan sepeda motor, motor sport terdiri dari komponen-komponen berkualitas tinggi. Karena itu, Anda disarankan menggunakan bahan bakar yang setara. Jenis pertamax sangat dianjurkan.

Saat ini sudah ada pabrikan yang membekali motor sport dengan kecanggihan teknologi. Sebaiknya pilih yang dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA), karena membuat tenaga mesin motor sport lebih besar tapi irit bahan bakar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *