Sistem Komunikasi Data dan Pertukarannya

Sistem Komunikasi Data dan Pertukarannya – Komunikasi data mengacu pada pertukaran data antara sumber dan penerima melalui bentuk media transmisi seperti kabel kawat. Komunikasi data dikatakan lokal jika perangkat komunikasi berada di gedung yang sama atau wilayah geografis terbatas serupa.

Sistem Komunikasi Data

Arti dari Sistem Komunikasi Data dan penerima sangat sederhana. Perangkat yang mengirimkan data dikenal sebagai sumber dan perangkat yang menerima data yang ditransmisikan disebut penerima.

Komunikasi data bertujuan untuk mentransfer data dan memelihara data selama proses, tetapi bukan menghasilkan informasi yang sebenarnya pada sumber dan penerima.

Datum adalah statistik informasi fakta atau sejenisnya yang diperoleh dari perhitungan atau eksperimen. Fakta dan informasi yang dikumpulkan diproses sesuai dengan sistem prosedur yang ditentukan.

Data bisa ada dalam berbagai bentuk seperti angka, teks, bit dan byte. Gambar tersebut merupakan ilustrasi dari sistem komunikasi data yang sederhana.

Sistem komunikasi data dapat mengumpulkan data dari lokasi terpencil melalui sirkuit transmisi data, dan kemudian mengeluarkan hasil yang diproses ke lokasi terpencil. Gambar memberikan pandangan yang lebih luas tentang jaringan komunikasi data dengan teknik komunikasi data yang berbeda.

Saat ini digunakan secara luas berkembang secara bertahap baik untuk meningkatkan teknik komunikasi data yang sudah ada atau menggantikannya dengan opsi dan fitur yang lebih baik. Kemudian, ada jargon komunikasi data yang harus dihadapi.

Seperti baud rate, modem, router, LAN, WAN, TCP / IP, ISDN, selama pemilihan sistem komunikasi. Oleh karena itu, perlu untuk meninjau dan memahami istilah-istilah ini dan pengembangan bertahap dari metode komunikasi data.

Bagaimana Sistem Komunikasi Data dan Pertukarannya?

Pengurutan data . Ini mengacu pada memecah pesan panjang menjadi paket yang lebih kecil dengan ukuran tetap. Aturan pengurutan data menentukan metode penomoran paket untuk mendeteksi kehilangan atau duplikasi paket, dan untuk mengidentifikasi paket dengan benar, yang termasuk dalam pesan yang sama.

Perutean data menentukan jalur paling efisien antara sumber dan tujuan. Aturan pemformatan data menentukan kelompok bit atau karakter mana dalam paket yang merupakan data, kontrol, pengalamatan, atau informasi lainnya.

Protokol komunikasi juga mencegah pengirim cepat membebani penerima yang lambat. Ini memastikan berbagi sumber daya dan perlindungan terhadap kemacetan lalu lintas dengan mengatur aliran data pada jalur komunikasi.

Aturan ini dirancang untuk mendeteksi kesalahan dalam pesan dan untuk memastikan pengiriman pesan yang benar. Metode yang paling umum adalah mengirimkan ulang blok pesan yang salah. Dalam kasus seperti itu, blok yang memiliki kesalahan dibuang oleh penerima dan dikirim ulang oleh pengirim.

Aturan ini memastikan bahwa semua node mendapatkan kesempatan untuk menggunakan jalur komunikasi dan sumber daya lain dari jaringan berdasarkan prioritas yang ditetapkan kepadanya. Aturan-aturan ini menentukan bagaimana koneksi dibuat, dipelihara dan diakhiri ketika dua node jaringan ingin berkomunikasi satu sama lain.

Banyak sistem UHF modern merupakan teknologi radio yang disintesis. Ini mengacu pada cara frekuensi saluran dihasilkan di radio. Produk yang dikontrol kristal dalam produk UHF lawas memerlukan pemasangan kristal unik di pabrik untuk setiap frekuensi saluran yang memungkinkan.

Teknologi radio yang disintesis menggunakan satu frekuensi kristal standar dan menggerakkan frekuensi saluran yang diperlukan dengan membagi frekuensi kristal ke nilai yang kecil, kemudian mengalikannya dengan frekuensi saluran yang diinginkan.

Baca Juga : https://civitas.uns.ac.id/infotek/2020/12/14/manfaat-teknologi-komunikasi-dan-pengetahuan/

Faktor pembagian dan perkalian unik untuk setiap frekuensi saluran yang diinginkan, dan diprogram ke dalam memori digital di radio pada saat pembuatan. Solusi berbasis UHF yang disintesis memberikan kemampuan untuk memasang peralatan tanpa kerumitan kristal perangkat keras.

Selain Sistem Komunikasi Data, radio UHF yang disintesis tidak menunjukkan masalah penyimpangan frekuensi yang dialami dalam radio UHF yang dikontrol kristal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *