Wajib Tau! 9+ Tempat Paling Terkenal Dalam Cerita Rakyat Jawa Barat

Jawa Barat memiliki banyak cerita mitos, seperti cerita rakyat Jawa Tengah . Beberapa di antaranya bercerita tentang tempat, dan yang lainnya bercerita tentang kisah cinta. Kebanyakan dari mereka sangat populer tidak hanya di Jawa Barat tetapi juga di Indonesia.

Berbicara tentang cerita rakyat Jawa Barat, kali ini kami akan mengabari beberapa di antaranya yang mungkin sudah tidak asing lagi di beberapa tempat populer di Jawa Barat. Yuk simak di bawah ini!

1. Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Kisah Gunung Tangkuban Perahu menjadi kisah cinta paling terkenal antara Sangkuriang dan Dayang Sumbi di Jawa Barat. Sangkuriang tidak menyadari bahwa kekasihnya adalah ibu kandungnya. Itulah mengapa Dayang Sumbi membuat banyak cara untuk menggagalkan pernikahannya.

Dayang Sumbi meminta Sangkuriang membuat kapal besar sebelum matahari terbit. Dia setuju dan membuat kapal. Setelah hampir selesai, Dayang Sumbi membuka seprai putihnya agar matahari terbit. Sangkuriang menjadi gila dan menendang kapalnya sehingga menjadi Gunung Tangkuban Perahu sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat.

2. Cerita Si Kabayan

Kabayan menjadi pria paling terkenal di Jawa Barat dengan tipe pria yang cerdik. Ia menikah dengan Nyi Iteung dan tinggal bersama ibu mertuanya. Ia begitu malas namun memiliki banyak cara untuk menutupi kemalasannya terhadap kegilaan mertuanya.

3. Kisah Lutung Kasarung

Lutung Kasarung menjadi cerita rakyat Jawa Barat yang fenomenal. Bercerita tentang kisah cinta antara Lutung Kasarung dan Purbasari. Lutung Kasarung berasal dari langit sebagai seorang pangeran tampan namun berpura-pura menjadi manusia Kera atau Lutung.

Purbasari seharusnya menjadi Ratu istana, tapi adiknya tidak menyukainya. Suatu hari, saudara perempuannya mengutuknya sehingga dia harus diasingkan di hutan. Di hutan, ia bertemu Lutung Kasarung kemudian cinta menyebar di sekitar mereka.

Lutung Kasarung membantu kesembuhan Purbasari dari kutukan, sehingga ia menjadi Ratu kembali.

4. Cerita Situ Bagendit

Berdasarkan lansiran dari riverspace.org Situ Bagendit adalah salah satu cerita rakyat Jawa Barat yang paling terkenal. Bercerita tentang seorang perempuan rentenir di Garut yang di panggil Nyi Endit. Dia sangat kejam, pelit, dan serakah. Suatu hari dia mengadakan pesta besar tapi tidak ada orang miskin yang diundang.

Pengemis itu datang ke pesta, dan Nyi Endit mencoba mengusirnya dari rumahnya. Tapi, pengemis itu menantangnya untuk mencabut tongkat kayu dari tanah. Tidak ada yang bisa mencabutnya, tapi pengemis bisa melakukannya dengan mudah.

Tiba-tiba ada air yang keluar dari lubang tongkat kayu tersebut secara perlahan hingga membuat banjir besar. Rumah Nyi Endit tenggelam, dijadikan danau. Orang kemudian menyebutnya sebagai Telaga Bagendit atau Situ Bagendit.

5. Asal Usul Gunung Tampomas

Gunung Tampomas menjadi gunung terindah di Jawa Barat. Keindahan juga hadir dengan cerita rakyat yang luar biasa. Orang-orang percaya bahwa gunung tersebut dulu bernama Gunung Gede namun mengalami letusan.

Raja desa mencoba untuk menghentikan letusan sehingga dia melempar pisau upacara alam adikuasa. Setelah itu raja mengganti nama gunung tersebut menjadi Tampomas. Memiliki pemandangan indah yang cocok untuk hiking di Indonesia 

6. Asal Usul Girilawungan

Girilawungan adalah kerajaan besar di Majalengka, Jawa Barat. Cerita bermula ketika kerajaan Majapahit datang kesana menunggu putri Giri Larang keluar dari tempat persembunyiannya. Mereka melakukan ritual Nglawung untuk mengeluarkan sang putri dari sana.

7. Asal Usul Telaga Warna

Telaga Warna menjadi telaga paling terkenal di Jawa Barat yang hadir dengan cerita yang indah. Itu dimulai ketika putri kerajaan memiliki sikap yang dimanjakan. Suatu hari, sang raja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 sehingga mendapat banyak hadiah. Tapi ayahnya memberikan semua hadiah itu kepada orang-orang di desa.

Sang putri menjadi sangat marah, tetapi raja menjanjikannya hadiah yang lebih baik. Dia memberinya kalung yang indah dengan banyak warna. Dia menolak kalung itu dan membuangnya. Ibunya begitu sedih dan tidak pernah berhenti menangis sehingga membuat istananya tenggelam. Tempat itu kemudian menjadi danau yang indah dengan banyak warna. Orang percaya itu berasal dari kalung dan mereka menyebutnya sebagai Telaga Warna.

8. Cerita Nyi Anteh Pengamat Bulan

Nyi Anteh menjadi cerita rakyat hebat dari Jawa Barat. Dia adalah pelayan putri Endahwarni yang memiliki paras cantik sehingga sang pangeran mencintainya. Namun, ia harus menikah dengan sang putri karena Nyi Anteh hanyalah seorang pelayan putri. Suatu hari, pangeran bersikeras untuk datang ke Nyi Anteh agar dia berdoa kepada Tuhan agar menghindarinya. Tiba-tiba ada kesaktian yang mengangkat tubuhnya ke bulan dari rumah adatnya di Jawa Barat .

9. Cerita Ciung Wanara

Ciung Wanara menjadi sebuah cerita rakyat hebat dari Jawa Barat. Cerita rakyat ini menceritakan tentang seorang pangeran yang dipanggil sebagai Ciung Wanara yang dibuang ke sungai ketika dia masih bayi. Ibunya diasingkan di hutan sehingga ia diadopsi oleh pasangan petani .

Setelah Ciung Wanara dewasa, dia datang ke istana dan memenangkan permainan dari raja. Setelah itu, ia menghukum raja karena kesalahannya mengasingkan ibunya. Tapi, putra raja mencoba berperang dengannya.

Ibu Ciung Wanara kemudian mencoba mendamaikan perang dan memisahkan kerajaan menjadi dua bagian. Wilayah mereka dipisahkan oleh sungai Cipamali, antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sungai tersebut menjadi salah satu sungai terpopuler di Pulau Jawa .

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *