Info Wisata – Bagi para traveler, Bandung selalu menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia karena keindahan alam, kuliner lezat, serta suasana perkotaan yang nyaman dan sejuk. Apalagi bagi para backpacker atau traveler dengan budget terbatas, Bandung juga menawarkan banyak tempat wisata yang murah meriah, dengan harga tiket masuk mulai dari Rp10 ribu per orang. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata murah meriah di Bandung yang wajib dikunjungi.

  • Nuansa Riung Gunung

Nuansa Riung Gunung adalah tempat wisata alam yang terkenal di Bandung. Kebun teh yang hijau luas dan view perbukitan yang memukau membuat tempat ini sering disebut sebagai Swiss-nya Bandung. Ada satu spot ikonik di sini, yaitu jembatan kayu panjang yang estetik dan menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto. Harga tiket masuk ke Nuansa Riung Gunung adalah Rp10.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

  • Bukit Moko

Bagi yang suka berburu bintang, Bukit Moko adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan malam. Dengan ketinggian hampir 1.500 meter, bukit ini menawarkan pemandangan malam yang romantis dengan lampu kota yang menyala di kejauhan. Harga tiket masuk ke Bukit Moko adalah Rp15.000 per orang. Tempat ini juga buka setiap hari selama 24 jam.

  • Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan menawarkan pemandangan hamparan kebun teh yang indah dan panorama matahari terbit yang cantik. Banyak wisatawan yang menggelar camping di sini. Pada malam hari, wisatawan dapat membuat api unggun di tengah gemerlapnya bintang-bintang di langit. Harga tiket masuk ke Taman Langit Pangalengan adalah Rp10.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

  • Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan adalah tempat wisata alam yang dikelola oleh warga asli daerah Kertamanah. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan hamparan kebun teh seluas 13 hektare pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, dengan udara yang dingin. Harga tiket masuk ke Wayang Windu Panenjoan adalah Rp10.000 per orang, belum termasuk biaya parkir antara Rp3.000 hingga Rp5.000 per kendaraan. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

  • Danau Sanghyang Heuleut

Danau Sanghyang Heuleut menawarkan pemandangan memesona berkat bebatuan yang ada di sekitarnya. Airnya jernih dan suasana yang sunyi cocok untuk melepaskan penat. Untuk yang suka tantangan, wisatawan dapat melompat dari batu setinggi lima meter dan langsung menceburkan diri

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan objek wisata ikonik di Bandung yang terkenal dengan kawahnya yang menakjubkan. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat liburan panjang. Harga tiket masuknya bervariasi tergantung hari dan waktu kunjungan, tetapi untuk tarif terendah saat weekday adalah Rp25.000* per orang, sedangkan saat weekend dan hari libur nasional bisa mencapai Rp40.000* per orang. Dari puncak gunung, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa, seperti lembah, perkebunan teh, serta kawah dan belerang yang menyemburkan asap putih.

ALAMAT: JL. RAYA TANGKUBAN PERAHU, LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT BUKA: SETIAP HARI, 08.00–17.00 WIB

Dusun Bambu

Dusun Bambu adalah tempat wisata yang menawarkan suasana yang asri dan sejuk dengan aneka aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berkemah, memancing, bermain sepeda air, atau sekadar bersantai di bale-bale sambil menikmati pemandangan. Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki beragam spot foto yang instagramable, seperti rumah pohon dan rumah hobbit. Harga tiket masuknya sendiri sekitar Rp15.000* per orang, namun terdapat juga paket-paket khusus yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

ALAMAT: JL. KOLONEL MASTURI KM. 11, CISAAT, KABUPATEN BANDUNG BARAT BUKA: SETIAP HARI, 08.00–20.00 WIB

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang adalah wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak dan keluarga. Tempat ini menampilkan nuansa pedesaan Eropa dengan beragam fasilitas yang menarik, seperti rumah hobbit, taman bunga, peternakan kambing, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa berdandan ala pramugari atau pilot dan berfoto di pesawat kuno yang ada di sini. Harga tiket masuknya sekitar Rp30.000* per orang, namun terdapat paket khusus untuk keluarga yang lebih ekonomis.

ALAMAT: JL. RAYA LEWITAN, NO. 270, WARGAMEKAR, LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT BUKA: SETIAP HARI, 09.00–20.00 WIB

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Bandung dengan harga tiket masuk terjangkau. Selain itu, Bandung juga terkenal dengan kuliner yang lezat dan beragam, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern yang kekinian. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Bandung yang menggugah selera selama berlibur di sana

D’ RANCH LEUIT Ingin merasakan sensasi peternakan ala cowboy? Datang saja ke D’ Ranch Leuit. Kamu akan merasakan keseruan bermain peternakan seperti menunggangi kuda, mengendarai ATV, hingga mencoba panahan dengan biaya tiket masuk sebesar Rp25.000* per orang –belum termasuk biaya sewa kuda, ATV, atau bus keliling kebun strawberry–. Di tempat ini juga tersedia banyak spot foto menarik, seperti rumah hobbit, rumah pohon, dan rumah bergaya Jerman yang Instagramable banget. ALAMAT: JALAN CIKAHURIPAN, CIKEAS, MARGAMUKTI, KEC. PANGALENGAN, BANDUNG BUKA: SETIAP HARI, PUKUL 08.00–17.00 WIB

KESIMPULAN Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata menarik di Bandung dengan harga tiket masuk terjangkau. Mulai dari suasana alam yang indah seperti Nuansa Riung Gunung, Bukit Moko, Taman Langit Pangalengan, Wayang Windu Panenjoan, Sanghyang Heuleut, hingga keseruan peternakan di D’ Ranch Leuit. Semua tempat wisata ini bisa kamu nikmati dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong.

Selain itu, di setiap tempat wisata tersebut juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa kamu manfaatkan, seperti tempat parkir, toilet, kantin, dan area bermain. Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu mengajak keluarga atau teman-teman untuk berkunjung ke tempat-tempat ini.

Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik. Demi kesehatan bersama, jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan ya!