Info Wisata – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Barat mencatat bahwa jumlah pendaftar petugas Ad Hoc kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 telah mencapai 507 orang pendaftar.

Pendaftaran petugas Ad Hoc baru saja dibuka selama tiga hari dan akan berlangsung hingga 29 November mendatang, sehingga jumlah pendaftar diharapkan akan terus bertambah. Ketua KPUD Lambar, Arip Sah, menyatakan bahwa dari jumlah 507 orang yang telah mendaftar, sebanyak 272 telah mengunggah data, 56 orang telah mengisi berkas, 75 orang menunggu pengecekan berkas dan berkas yang sudah diterima sebanyak 99.

Pelamar yang mengalami kesulitan dalam mengunggah lamaran di aplikasi SIAKBA dapat menghubungi tim helpdesk yang telah disediakan di kantor KPU untuk membantu proses pendaftaran. Arip menegaskan bahwa tidak ada yang diperioritaskan dalam seleksi Petugas Ad Hoc Kecamatan ini, semua memiliki kesempatan yang sama dengan syarat usia minimal 17 tahun dan pendidikan serendah-rendahnya SMA sederajat.

Seleksi akan dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT) dan akan terdapat 75 orang petugas Ad Hoc yang akan direkrut di setiap kecamatan yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten setempat.

Setelah melalui tahap CAT, 15 pelamar terbaik akan lolos ke tahap wawancara. Pengumuman pendaftaran calon anggota PPK akan diumumkan pada 20-24 November, penerimaan pendaftaran calon anggota PPK akan berlangsung pada 20-29 November, Penelitian Administrasi Calon Anggota akan dilakukan pada 21 November hingga 1 Desember, Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi Calon Anggota PPPK akan diumumkan pada 2-4 Desember 2022, dan Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK akan dilakukan pada 5-7 Desember.

Dengan jumlah pendaftar yang cukup banyak dan proses seleksi yang transparan dan adil, diharapkan akan dihasilkan petugas Ad Hoc yang kompeten dan siap untuk mengawal Pemilu 2024 di Kabupaten Lampung Barat.

Selain itu, KPUD juga akan menjamin bahwa proses seleksi petugas Ad Hoc ini akan dilakukan dengan transparan dan adil. Hal ini akan dilakukan dengan memastikan bahwa setiap pelamar akan diberikan kesempatan yang sama dan tidak ada diskriminasi apapun dalam proses seleksi.

KPUD juga akan menjamin bahwa proses seleksi petugas Ad Hoc ini akan dilakukan dengan sistem yang kompeten dan profesional. Hal ini akan dilakukan dengan menjamin bahwa setiap pelamar akan diberikan kesempatan yang sama dan tidak ada diskriminasi apapun dalam proses seleksi.

KPUD juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa proses seleksi petugas Ad Hoc ini akan dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini akan dilakukan dengan memastikan bahwa setiap pelamar akan diberikan kesempatan yang sama dan tidak ada diskriminasi apapun dalam proses seleksi.

Pada akhirnya, KPUD diharapkan dapat menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan baik dan lancar, dengan dukungan dari petugas Ad Hoc yang kompeten dan siap untuk mengawal proses pemilu.