info Wisata – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Barat mulai melakukan rekrutmen petugas ad hoc kecamatan. Jumlah yang akan direkrut mencapai 75 orang, atau masing-masing lima orang di setiap kecamatan yang tersebar di 15 kecamatan di kabupaten setempat. Bagi masyarakat Lampung Barat, yang berusia minimal 17 tahun dengan pendidikan paling rendah SMA sederajat serta berdomisi di Lampung Barat memiliki peluang yang sama untuk bergabung menjadi bagian dari petugas ad hoc kecamatan.

Ketua KPUD Lambar Arip Sah, S.Kom., mengajak semua yang berkeinginan untuk bergabung dan memastikan semua berpeluang sama karena proses tes nanti akan menggunakan langsung komputer dan secara otomatis maksimal tiga kali dari jumlah yang akan diterima (lima orang anggota PPK) artinya ada maksimal 15 pelamar dari peringkat satu sampai 15, yang lolos ke tahap berikutnya yaitu wawancara.

Rekrutmen petugas ad hoc kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebut dilakukan dengan system online, dimana pelamar mendaftar langsung melalui aplikasi siakba.kpu.go id. “Untuk proses pendaftaran dimulai dengan mendownload aplikasi dan mendaftarkan akun di aplikasi siakba.kpu.go.id. Nantinya, pelamar dituntun untuk mengunggah dan mengisi sendiri beberapa formulir persyaratan yang telah ditentukan,” ungkap Arip Sah, Minggu 20 November 2022.

Kemudian, kata dia, mengunggah pendaptaran sendiri dan berkas di sampaikan ke KPU paling lambat saat akan dimulai tes tertulis untuk lebih memudahkan pelamar untuk terdaftar sebagai calon pelamar. “Tentu yang belajar bersungguh-sungguh dan meluangkan waktu lebih untuk belajar, memungkinkan memiliki peluang lebih,” kata mantan Jurnalis salah satu media terbitan provinsi tersebut.

Untuk pelamar yang mengalami kesulitan dalam mengunggah lamaran di aplikasi SIAKBA, panitia juga telah menyiapkan team helf desk, di kantor KPU yang memungkinkan untuk membantu pelamar menuntun proses pendaptaran di aplikasi. ā€¯Tentunya kami berharap putra-putri terbaik di setiap kecamatan untuk ambil bagian mendaptar sebagai bagian

dari penyelenggara ad hoc, demi suksesnya seluruh proses dan tahapan pemilu tahun 2024 yang akan datang,” imbuhnya.

Untuk diketahui, jadwal rekrutmen petugas ad hoc kecamatan ini adalah sebagai berikut: pengumuman pendaftaran calon anggota PPK 20-24 November, penerimaan pendaftaran calon anggota PPK 20-29 November, Penelitin Administrasi Calon Anggota 21 November hingga 1 Desember, Pengumanan Hasil Penelitin Administrasi Calon Anggota PPPK 2-4 Desember 2022, dan Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK 5-7 Desember.

Dalam proses rekrutmen ini, KPUD Kabupaten Lampung Barat sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat yang berminat untuk mengikuti proses rekrutmen ini. Semoga dengan adanya petugas ad hoc kecamatan yang profesional dan berkualitas, pemilu yang akan datang dapat berlangsung dengan baik dan adil.