Info Wisata – Dinas Perikanan Lampung Barat telah membagikan 160 paket benih ikan Nila dan pakan untuk masyarakat sebagai upaya untuk menangani dampak inflasi. Menurut Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, setiap paket terdiri dari 2.500 benih ikan Nila dan 90 kilogram pakan. Total yang dibagikan kepada masyarakat dari 15 kecamatan sebanyak 400.000 ekor benih ikan Nila dan 14.400 kilogram pakan. Proses penyaluran bantuan mulai dilakukan kepada penerima yang berada di 15 kecamatan, berdasarkan usulan yang diajukan ke Dinas Perikanan beberapa waktu lalu.

Umi Fitria menyatakan bahwa ikan Nila sangat cocok dikembangkan di Lampung Barat karena ikan ini dapat tumbuh dengan cepat. Apalagi didukung dengan pakan yang cukup. Oleh karena itu, dalam program pengendalian inflasi tersebut, Dinas Perikanan Lampung Barat menyertakan bantuan pakan. Diharapkan bahwa benih ikan yang diberikan akan cepat besar dan dapat dipanen oleh masyarakat sebagai sumber pendapatan.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga telah meluncurkan Gerakan Serentak Tanam Cabai (Gertam Cabai) dan menabur benih ikan sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi melalui ketersediaan barang serta kestabilan harga dan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan di Pringsewu. Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung yang menghasilkan produksi cabai yang cukup tinggi. Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan bahwa pada tahun 2021, hasil produksi cabai besar di Pringsewu mencapai 33.728 kuintal dan cabai rawit 6.304 kuintal.

Selain itu, Dinas Perikanan Lampung Barat juga berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam pengelolaan sumber daya ikan. Beberapa program yang dikembangkan antara lain adalah pemberian bantuan benih ikan dan pakan, serta pelatihan untuk masyarakat dalam bidang budidaya ikan. Dengan program-program tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengembangkan budidaya ikan air tawar sebagai salah satu sumber pendapatan keluarga.

Selain itu, Dinas Perikanan Lampung Barat juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam pengelolaan sumber daya ikan. Beberapa program yang akan dikembangkan antara lain adalah pemberian bantuan benih ikan dan pakan, serta pelatihan untuk masyarakat dalam bidang budidaya ikan. Dengan program-program tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengembangkan budidaya ikan air tawar sebagai salah satu sumber pendapatan keluarga.

Dinas Perikanan Lampung Barat juga akan terus bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk meningkatkan produktivitas perikanan yang tinggi dan meningkatkan kualitas ikan yang dihasilkan. Program-program yang akan dikembangkan di masa depan akan didesain untuk memastikan bahwa masyarakat dapat meningkatkan pendapatannya melalui budidaya ikan yang efisien dan efektif.