Info Wisata – Banjir di Lingkungan Sukamaju Dua, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, menimbulkan masalah besar bagi warga setempat. Kediaman Kepala Lingkungan, Roni Putra, terancam terbawa longsor serta areal persawahan di kawasan tersebut rusak.

Roni Putra menyatakan bahwa areal persawahan yang dikelolanya telah ditanami padi namun malangnya banjir besar yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan kerusakan pada padi yang baru ditanam. “Benih padi yang baru ditanam rusak dan banyak hanyut,” ujarnya.

Tidak hanya areal persawahan, rumah Roni Putra dan keluarga juga terancam terbawa longsor. Bagian dapur hanya tersisa satu meter dari dinding rumah.

“Sekarang di belakang rumah hanya sekitar satu meter. Kalau terjadi longsor lagi, dapur rumah saya bisa terbawa,” katanya. Menurut Roni, penyebab utama banjir di areal persawahan tersebut karena saluran irigasi sudah banyak hancur sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar dan menyebabkan luapan air ke areal persawahan.

“Saya berharap saluran irigasi tersebut bisa diperbaiki. Karena itu menjadi salah satu penyebab. Saat hujan deras, saluran irigasi tidak mampu menampung karena terjadi penyempitan akibat pecahan semen di irigasi yang rusak,” tegasnya. Kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya perawatan saluran irigasi agar tidak menimbulkan masalah banjir yang merugikan warga setempat.

Oleh karena itu, pemerintah setempat harus segera mengambil tindakan untuk memperbaiki saluran irigasi yang rusak dan mencegah terjadinya banjir di masa yang akan datang. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, seperti membantu pemulihan kerusakan rumah dan pertanian.

Selain itu, masyarakat juga harus berperan aktif dalam mencegah terjadinya banjir. Mereka harus menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan tidak menyumbat saluran air. Selain itu, mereka juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi banjir dengan cara menyimpan barang-barang penting di tempat yang aman sebelum banjir terjadi.

Kesimpulannya, banjir di Lingkungan Sukamaju Dua, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat merupakan masalah yang harus segera diatasi. Pemerintah harus segera memperbaiki saluran irigasi yang rusak dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Sementara itu, masyarakat harus berperan aktif dalam mencegah terjadinya banjir dengan cara menjaga lingkungan sekitar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi banjir.