Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

By | August 24, 2022

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang malas. Namun dari kemalasan nya itu manusia dapat menciptakan hal yang dapat memudahkan pekerjaan nya. Buktinya adalah berbagai penemuan seperti kendaraan yang memudahkan manusia untuk berpindah tempat dan komputer yang pada awalnya membantu proses penghitungan.

Semakin berkembang nya zaman, komputer terus mengalami perubahan. Dari yang awalnya hanya kalkulator hingga memiliki monitor canggih, dari yang hanya kotak besar hingga menjadi setipis kaca. Perkembangan ini tidak hanya mempengaruhi bentuk fisik nya tapi juga isi dan manfaat dari komputer itu.

Seiring evolusi komputer yang sangat pesat, aplikasi atau software yang ada didalamnya pun ikut dikembangkan. Dari hal itu muncul berbagai software yang juga membantu pekerjaan manusia seperti yang sering kita gunakan saat ini misalnya microsoft office.

Software ini lebih memudahkan pekerjaan kita secara lebih spesifik. Microsoft office misalnya yang memudahkan pekerjaan dalam urusan mengetik laporan (word) olah data (excel) presentasi (power point) dan lain sebaginya. Bagi seorang akuntan menguasai microsoft office adalah bekal standar dalam membuat laporan keuangan ataupun laporan yang lain.

Namun terkadang menguasai microsoft office saja masih belum cukup, akuntan harus bisa menggunakan berbagai aplikasi komputer khusus akuntansi. Tidak lain dan tidak bukan untuk lebih memudahkan pekerjaan nya.

Ada banyak software akuntansi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mengerti akuntansi tapi juga bagi orang awam yang baru mengenal akuntasi. Dalam artikel ini akan dijelaskan bebeberapa aplikasi komputer untuk akuntansi yang beredar di indonesia, tapi sebelum itu mari kita simak spesifikasi umum dari software akuntansi tersebut.

Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (software) memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya. Software akuntansi sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahan pencatatan dan aktivitas lain dari akuntansi.

Software akuntansi ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian akitvitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik. Seperti misalnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan besar biasanya memiliki bagian sendiri untuk mengembangkan aplikasi akuntansi ini. Namun tidak jarang perusahaan ataupun UKM yang menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan software akuntansi. Pihak ketiga ini menyediakan software yang akan digunakan sering kali juga perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga tadi.

Karena perbedaan lingkup penggunaan aplikasi ini seperti perusahaan hingga UKM maka kompleksitas dan kapabilitas aplikasi ini pun bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang akan menggunakan. Tujuan dan manfaat paling besar dari software akuntansi ini adalah membantu akuntan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Laporan tersebut diperoleh dari langkah awal seperti menyusun perkiraan atau account atau ledger atau buku besar. Setiap ledger ini kode dan nama tertentu yang biasa digunakan serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan seperti misalnya pos ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya pabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Nah jika kita menggunakan software akuntansi hal-hal yang diatas tadi dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga menghemat waktu. Bayangkan misalnya untuk laporan keuangan sebuah perusahaan besar dilakukan secara manual yang rentan kesalahan dan juga lama tentu akan sangat kerepotan.

Selain itu dengan software akuntansi ini kita dapat menjurnal segala aktifitas akuntasi seperti transaksi penjualan, pembelian, produksi barang dan lainnya secara otomatis. Sehingga dapat terintegrasi dengan berbagai macam laporan lain yang mendukung dalam aktifitas perusahaan.

Jadi intinya adalah software akuntansi sangat membantu kita dalam membuat manajemen keuangan yang efektif. Jenis-jenis Software Akuntansi. Software akuntansi yang beragam bentuknya terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan cara pembuatannya. Yaitu software paket, software customize dan software paket yang dapat dikustomisasi

Software paket

Software akuntansi jenis ini sudah terpaket artinya software yang didapatkan tidak bisa di otak-atik dengan kata lain apa yang ada pada software merupakan setingan pabrik yang sudah paten. Software jenis ini memiliki kelebihan karena harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu karena apa yang ada dalam sotfware tidak dimodifikasi software jenis ini dibuat sangat mudah untuk digunakan.

Karena harga nya yang relatif murah itu basis pengguna nya pun sangat banyak. Alasan lain adalah software ini relatif lebih stabil dibanding dengan software yang lainnnya. Tapi ada juga beberapa kekurangan software jenis ini. Diantaranya adalah pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonomi nya sesuai dengan keadaan software. Sehingga terkadang kebutuhan pengguna tidak sesuai dengan apa yang disediakan software.

Software Customize

Dari namanya sudah terlihat software ini dapat dimodifikasi dari keadaan awal nya untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna nya. Modifikasi ini dapat dilkukan setelah ataupun saat membeli aplikasi di software housenya. Biasanya software jenis ini dikembangkan sendiri oleh perusahaan namun tidak jarang oleh perorangan.

Keuntungan dari software customize adalah software ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda tanpa ada bagian yang mubadzir tidak pernah digunakan, sehingga penggunaan nya dapat lebih fleksibel.

Namun Software ini lebih mahal dibandingkan software paket. Karena software ini dikembangkan sendiri risiko yang ada pun besar. Selain itu dukungan purna jual nya tidak bisa diandalkan ditambah lagi stabilitas software sangat rendah karena basis pengguna yang rendah juga.

Simak Juga : software untuk akuntansi

Software paket custom

Software ini merupakan software paket dengan modul standar yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktifitas lain diluar modul standar yang disediakan. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari software jenis ini. Harga nya relatif lebih terjangkau dibanding software yang dimodifikasi dari awal. Karena berasal dari software paket maka stabilitasnya lebih terjaga selain itu implementasi dari software dapat digunakan secara cepat karena sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Tapi software ini memerlukan waktu customisasi yang lama jika tidak mendefinisikan apa saja hal yang dibutuhkan dari software. Ditambah lagi dukungan purna jual yang lebih sulit karena perbedaan modifikasi dari masing-masing user yang menggunakan.

Perangkat lunak-perangkat lunak akuntansi tersebut sebagian besar tidak gratis. Harganya berkisar puluhan ribu sampai ratusan juta rupiah. Namun tidak sedikit juga software yang bisa diunduh (download) secara gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan program akuntansi berbayar. Ada banyak sekali software yang beredar di Indonesia. Dari software yang gratis hingga software dengan harga puluhan juta. Berikut ini 5 software akuntansi terkenal yang banyak digunakan di Indonesia.

Easy Accounting System (EAS)

Easy Accounting System (EAS) dibangun sejak tahun 2009 dibawah naungan PT Global Informasi Fortuna Teknotama, merupakan software akuntansi keuangan dan point of sale (POS) sekaligus software semi-ERP systems. yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis dari Distribusi, Jasa, Retail, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pendidikan, Export Import, Courier , serta Perusahaan manufaktur baik yang bersifat perakitan (assembly) maupun yang bersifat Pembuatan (maker).

Easy Accounting System (EAS) sendiri dibangun menggunakan engine Firebird yang terbukti handal dan stabil pada semua system operasi windows. Dengan fitur utama Import Transaksi ( Jurnal voucher, invoice, COA, dan daftar barang) serta e-faktur ready , menjadikan EAS pendatang baru yang cukup inovatif terutama di sector industri menengah. Meskipun hanya dapat berjalan di dalam system operasi windows dan belum didukung oleh web based.

Accurate

Modul yang disediakan Accurate tidak jauh berbeda dengan Abipro, hanya saja yang menjadi pembeda adalah Accurrate menyediakan Audit Trail untuk jurnal sedangkan Abipro tidak. Untuk Harga accurate relatif lebih murah dibanding abipro yaitu 11 juta untuk DE dan 30 juta untuk EE namun dengan biaya tambahan sebesar 2.5 juta untuk setiap user yang ditambahkan.

Accurate juga memberikan garansi 30 hari uang kembali untuk paket yang dijualnya. Sayang nya accurate tidak dapat dikustom tapi software ini cocok digunakan dengan platform windows dan linux yang memiliki wine.

Acosys

Software yang dikembangkan sejak tahun 1997 ini telah digunakan lebih dari 2.500 user. Software yang dapat di kustom ini dapat digunakan di berbagai platform seperti windows, linux dan macOS. Meskipun begitu modul yang disediakan lebih sedikit jika dibandingkan 2 software sebelumnya. Untuk harga Acosys memberikan harga 500rb untuk setiap fitur yang ditambahkan jika ingin paket acosys menyediakan paket lite dengan harga 2.5 juta dan 1.5 juta untuk setiap penambahan user.

Bee

Bee adalah software multi platform yang dapat di kustom menggunakan tools development java. Modul yang disediakan Bee pun sudah lengkap. Harga yang dipatok untuk software ini disesuaikan dengan paketnya. Ada 3 paket yaitu silver dengan harga 2.5 juta, gold 3.5 juta dan platinum 6 juta yang masing-masing memiliki biaya penambahan user sebesar 1.5 juta. Bee juga memberikan layanan purna jual yang cukup baik bagi penggunanya.

Corcus

Corcus bisa dibilang lebih muda dibanding 4 software sebelumnya. Software ini ada sejak 2007 namun modul yang diberikan sudah lengkap seperti modul dalam software lainnya. Harga dari 1 software pun tergantung kompleksitas permintaan dari user dengan garansi yang juga disesuaikan. Sayangnya corcus hanya compatible dengan platform windows saja