Orang Tua Perlu Tahu! Titik Pijat Batuk pada Anak

By | July 19, 2022

Cuaca yang tidak menentu membuat anak mudah terserang batuk dan flu. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberikan pertolongan pertama, salah satunya dengan mengetahui titik pijat batuk pada Anak.

Kenali Titik Pijat Batuk pada Anak

Orang tua dapat mencoba pemijatan untuk mengurangi keluhan batuk pada buah hati di beberapa bagian tubuh anak. Pemijatan ini mampu memberikan rasa rileks dan nyaman kepada si kecil. Ada beberapa tempat untuk pemijatan yaitu :

  • Dada

Dada merupakan bagian tubuh yang dapat untuk pemijatan. Ini adalah tempat biasanya menjadi sarang angin dapat mengganggu kenyamanan si kecil khususnya pada pernapasannya. Sumber batuk pada anak juga berada di tempat tersebut.

Orang tua dapat memijat bagian dada anak secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pijatan mengusap dada si kecil dari dada mengarah ke luar pundak.

  • Titik Pijat Batuk pada Anak Punggung

Pada dasarnya punggung menjadi salah satu bagian vital untuk pemijatan pada si kecil. Pijatan pada punggung ini akan memberikan sensasi rileks pada si kecil dan menghilangkan rasa capek karena banyak saraf yang ada di sana.

Selain memijat dada, Anda juga memijat punggung anak dengan perlahan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, orang tua juga dapat menepuk punggung di kecil dari bawah ke atas. Jika masih kurang, alternatifnya adalah dengan mengompres dada.

  • Leher Belakang

Leher merupakan bagian tubuh yang sering untuk bergerak. Terkadang tempat tersebut sering mengalami ketegangan pada otot dan saraf. Ini terjadi tidak hanya pada orang dewasa namun juga pada anak-anak. Oleh karena itu, sangat perlu sekali melakukan pijatan pada bagian leher.

Anda dapat meletakkan jari telunjuk dan jari tengah pada leher belakang anak. Pijat perlahan ke arah bawah hingga ke pangkal leher sepanjang tulang punggung. Pastikan jika posisi anak dalam kondisi duduk ketika proses pemijatan tersebut.

Manfaat Melakukan Pemijatan untuk Batuk pada Anak

Sejak dari dulu pijat menjadi salah satu kegiatan yang sangat banyak peminatnya. Hal ini karena aktivitas tersebut mampu memberikan rasa rileks dan mengurangi ketegangan pada otot dan saraf di dalam tubuh. Selain itu juga batuk pada anak dan manfaat lainnya seperti berikut.

  1. Menurunkan Demam

Demam biasanya menyertai batuk pada anak. Melakukan pijatan di beberapa titik pada bagian tubuh dapat membantu menurunkan demamnya sekaligus mengurangi gejala batuk pada di kecil.

Kegiatan memijat pada beberapa bagian tubuh mampu meningkatkan hormon yang bisa mengendalikan suhu tubuh. Dengan begitu panas akan segera turun dan berubah menjadi normal.

  • Menstabilkan Pernapasan

Pada dasarnya masih usia kanak-kanak sistem pernafasannya belum begitu sempurna. Selain itu bagian tersebut juga mudah terserang beberapa gangguan berkaitan dengan pernafasan.

Pernapasan anak akan terganggu ketika sedang batuk. Hal ini akan membuatnya menjadi sesak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pijatan pada titik – titik tertentu akan memperbaiki saluran pernafasan.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Batuk seringkali mengganggu kualitas tidur si kecil dan juga orang tua sebagai penjaganya. Titik pijat batuk pada anak dapat membantu membuatnya rileks dan tenang sehingga lebih mudah untuk tidur.

Selain itu, pijatan ini tidak akan membuat si kecil menjadi gelisah dan rewel. Akan tetapi mereka akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan lebih tenang.

Itulah titik pijat batuk pada anak dan manfaatnya. Anda sebagai orang tua perlu mengetahuinya sehingga tidak perlu khawatir jika anak mengalami flu dan batuk. Ini karena semuanya sudah bisa teratasi dengan sangat cepat melalui pijatan. Namun juka anda takut dan tidak paham, sebaiknya serahkan kepada ahlinya yaitu https://thekarimun.com/pijat-panggilan-jakarta/ dia melayani di berbagai kota besar di indonesia seperti pijat panggilan jakarta dan dia memiliki tenaga terapis yang sudah bersertifikat dan juga berpengalaman.