Air Terjun Pertemon: Air Terjun yang Mulai Diminati Warga Banyuwangi

Kota Banyuwangi adalah satu dari beberapa kota yang paling dikagumi di Jawa Timur. Pasalnya, di samping memiliki keragaman budaya, Banyuwangi juga memiliki kekayaan dan keindahan alam yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain.

Labuhan Island, Kawah Ijen, Teluk Hijau, dan Pantai Pasir Merah adalah beberapa tempat wisata yang paling populer di sana. Tapi tahukah Anda? Di samping keempat tempat wisata tersebut, Banyuwangi juga memiliki Coban Pertemon yang belakangan sedang hits dan banyak dikunjungi oleh kalangan remaja. 

Tak hanya memiliki memiliki keindahan alam yang cantik, air terjun ini juga memiliki banyak pesona lain yang membuat pengunjung nyaman.

Lokasi Air Terjun Pertemon

Air terjun ini terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon-Banyuwangi, Jawa Timur.

Dusun Sambungrejo sendiri adalah dusun yang memiliki banyak pemandangan keren dan menantang. Dengan kata lain, saat Anda berkunjung ke lokasi, Anda akan menemukan beragam pemandangan cantik nan indah di sana.

Hamparan persawahan, perbukitan, aliran sungai, hutan, dan tebing adalah pemandangan khas yang bisa Anda dapati di sana.

Akses Ke Air Terjun Pertemon

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Banyuwangi, berikut adalah rute perjalanan yang paling dianjurkan;

  1. Mulailah perjalanan dari pusat Banyuwangi, lalu arahkan kendaraan ke Jalan Nasional III hingga menemukan RS PKU Muhammadiyah;
  2. Dari sana, arahkan kendaraan ke Jalan Ahmad Yani, kemudian teruskan perjalanan ke Jalan Songgon;
  3. Selanjutnya ikuti Jalan Songgon sampai menemukan Masjid Darussalam;
  4. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga menemukan balai Desa Bayu.

Akses ke air terjun Pertemon yang minim membuat Anda tak bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke sana. Gantinya, Anda bisa menggunakan ojek atau kendaraan roda dua untuk sampai ke lokasi air terjun. Itu pun harus berhenti di tengah perjalanan. Sebab, setelah sampai setengah perjalanan, medan yang dilalui terbilang sulit sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Tapi jangan khawatir. Walau akses yang dilalui terbilang berat, pemandangan alam di sana tergolong cantik dan asri,  sehingga dapat mengobati rasa lelah dari perjalanan yang telah Anda lalui.

Pesona Air Terjun Pertemon

Perlu diketahui, Pertemon adalah objek wisata yang masih minim pengelolaan. Kendati demikian, beberapa warga akan membangun fasilitas dan menggabungkan objek wisata ini dengan agro wisata buah, wisata religi Patih Singogringsing, dan arena permainan rafting.

Di sisi lain, Pertemon sendiri memiliki beberapa pesona khas yang seperti;

  1. Keindahan alam yang khas

Pertemon memiliki banyak keindahan alam yang khas. Mulai dari hamparan sawah, perkebunan buah, sampai tebing tinggi yang menyerupai lorong juga bisa ditemukan di sini.

  1. Masih sangat asri

Air terjun Pertemon adalah satu dari banyak tempat wisata yang minim pengelolaan. Akibatnya, tempat wisata ini masih sangat asri, terjaga, dan bersih dari masalah sampah yang kerap mengotori tempat wisata.

  1. Dekat dengan agro wisata buah dan rafting

Seperti yang disampaikan di atas. Rencananya lokasi ini akan disatukan dengan agro wisata buah dan rafting. Dengan begitu pengunjung dapat menikmati agro wisata buah, rafting, dan pesona air terjun dengan lebih mudah dan praktis.

Fasilitas dan Tarif Masuk Air Terjun Pertemon

Tarif masuk di sini adalah Rp 5.000,- per pengunjung. Rencananya, uang tersebut akan dikelola untuk membangun fasilitas seperti ruang ganti, mushola, kamar mandi, dan jalan untuk akses ke lokasi.

Itulah beberapa info menarik ke air terjun Pertemon. Untuk ulasan tempat wisata menarik lainnya khususnya di Bandung Anda bisa mengunjungi Kepoin Bandung.