Informasi Android Nougat

By | May 20, 2020
Android Nougat atau yang juga diketahui sebagai android 7.0 adalah salah sau versi yang memiliki API level 7.0 diluncurkan oleh Google. Versi android yang satu ini mulai diluncurkan di tahun 2016, tepatnya di tanggal 22 Agustus 2016. Sistem operasi Android Nougat atau OS baru berkode Android 7.0 yang satu ini merupakan kelanjutan versi sebelumnya yakni yang bernama, Android Marshmallow.

Pada sistem operasi Android Nougat yang satu ini terdapat banyak hal-hal yang baru, terutama yang berasal dari segi performa serta keamanan.  Kelebihan dan kekurangan dari android yang satu ini juga sangat unik serta menarik dibahas lebih lanjut. Tentunya, anda jadi mengetahui berbagai macam hal mengenai android Nougat atau 7.0 yang satu ini.

Tentang Android Nougat

Saat android Nougat akan diluncurkan, pihak dari Google mengundang pengembang aplikasi android . Hal ini untuk melihat seperti apa model dari Android N, sehingga dari pihak pengembang nantinya dapat mengetahui aplikasi seperti apa yang harus dibuat tentunya agar bisa di pasang pada Android N. Jadi saat dirilis namanya yaitu Android Nougat. Pengembang pun sudah bisa meluncurkan aplikasi-aplikasi yang bisa di pasang di dalam.

 Fitur Android Nougat

Salah satu fitur Android Nougat yang cukup mencuri perhatian adalah fitur multi windows. Dengan fitur yang satu ini, anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus.  Sehingga, hal yang satu ini mampu meningkatkan semua produktifitas yang sedang anda lakukan.

Fitur Android Nougat yang selanjutnya adalah fitur yang menawarkan salah satu sensasi tersendiri untuk penggunanya, termasuk anda. Fitur Daydream ini merupakan sebuah fitur virtual reality yang  telah dikembangkan oleh pihak Google. Anda pun tidak perlu memasang aplikasi yang lain untuk menikmati Virtual Reality yang berasal dari smartphone yang anda punya.

Lanjut, ada fitur lain yang juga menarik, yakni Quicker Multi Tasking. Dengan adanya fitur Android Nougat yang satu ini, anda bisa pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Hal ini pun akan dapat mempercepat pekerjaan yang dilakukan.

Di dalam fitur Android Nougat, anda akan menemukan sensasi yang terlihat berbeda dibandingkan yang sebelumnya.  Fitur API Vulkan adalah salah satu fitur OS Android ini yang bisa menampilkan grafis 3D dengan performa yang cukup tinggi. Anda pun bisa merasakan tampilan yang lebih hidup dan tajam.

Kemudian, ada juga fitur Svelte, fitur yang terbaru dan ditawarkan oleh Android Nougat. Dengan adanya fitur yang ini penggunaan RAM di HP lebih hemat. Hal ini karena teknologi Svelte bisa memanipulasi data agar makin ringan untuk diproses. Hal ini juga bisa menghemat pemakaian daya baterai.

Dengan adanya fitur data saver pada android Nougat,  anda dapat mengaktifkan fitur Data Saver dan menonaktifkan pemakaian data internet yang digunakan oleh aplikasi berjalan di background tanpa adanya aplikasi pihak ke tiga.

Android yang satu ini didukung oleh fitur penghematan daya yang lebih baik. dari sebelumnya. Anda pun bisa mengistirahatkan smartphone bila sedang tidak anda pakai. Di versi Android Nougat ini, juga didukung teknologi keamanan dan enkripsi yang terbaru, serta menjadikan data dan privasi pemakai dalam kondisi aman.

Kelebihan Android Nougat

Android Nougat memiliki kelebihan di dalam melakukan hal tentang pengaturan, baik tampilan maupun yang berhubungan dengan pengaturan lainya. Anda bisa mengatur semua hal tersebut sesuai dengan gaya kepribadian anda. Hal ini karena tujuan utama dari pengembangan supaya pengguna bisa lebih lama dalam penggunaannya.

Selain itu, anda juga akan memiliki deretan emoji baru, yang mana ekspresi dalam  dialog singkat pada sebuah pesan. Dalam android ini ada setidaknya 1500 emoji dan 72 diantaranya adalah yang  terbaru. Lalu, ada juga fitur Quick setting control yang membuuat anda mudah melakukan pengaturan secara cepat.

Kemudian, android yang satu ini juga bisa membuat anda lebih produktif. Hal ini karena pada Android Nougat, menghadirkan fitur yang baru kemudian anda dapat menjalankan multi window.  Dan nantinya, anda pun sudah bisa menjalankan banyak aplikasi di satu waktu.

Sehingga, anda  pun tidak perlu menunggu satu pekerjaan harus selesai untuk mengerjakan kegiatan yang lainnya. Multi windows yang seperti ini jelas sangat menguntungkan bagi pengguna karena anda sudah bisa membuka aplikasi yang lain tanpa harus menutup aplikasi yang penting.

Android Nougat pun menghadirkan fitur untuk baterai yang menguntungkan anda. Misalnya saja ketika hampir habis, atau HP di dalam posisi yang sleep atau off, secara otomatis pemakaian baterai yang satu ini akan dijalankan pada mode low energy baterai.

Sehingga anda nanti akan semakin menghemat daya, terutama saat HP anda sudah tidak digunakan, Kemudian,  saat akan dilakukan pengisian kembali pada baterai, maka akan secara otomatis memutus daya. Yang dimaksud adalah ketika baterai sudah terisi penuh.

Kekurangan Android Nougat

Walau memiliki beberapa keuntungan pada android Nougat, namun juga masih ada kekurangan yang dimiliki oleh Android yang satu ini. Beberapa di antaranya yakni harga HP yang bisa dibilang relatif lebih mahal. Dan hal yang satu ini tidak bisa dipungkiri. Tentunya juga karena spesifikasi dari HP yang sudah  dibutuhkah untuk dapat menjalankan sistem operasi Android ini harus lebih besar.

 Terutama dengan deretan smartphone – smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Android versi yang sebelumnya. Selain harga smartphone yang sedikit lebih mahal dibandingkan yang sebelumnya, ukuran firmware juga bisa dibilang lumayan besar. Sehingga jika kita punya HP dengan spesifikasi yang kecil, dijamin sulit untuk memakai sistem operasi Android 7.0 ini.

Walaupun memiliki baterai pintar, namun android yang satu ini memungkinkan juga baterai Draining atau baterai yang cepat habis. Dan artinya, hal ini sangat bergantung pada pabrik –pabrik tertentu dalam menawarkan produk. Apalagi saat kapasitas baterai yang ditawarkan.

Hal ini karena Android Nougat juga sangat menguras baterai tersebut.  Dan jika anda masih menggunakan kapasitas yang standar, maka bisa dipastikan hal ini akan cepat menguras daya alias permasalahan yang disebut baterai draining.

Kemudian selain baterai draining, salah satu hal yang ada pada versi Android Nougat sulit untuk melakukan backup data. Misalnya saja, sama seperti sistem operasi yang sebelumnya. Jika anda melakukan reset, jadi anda harus mengunduh ulang seluruh aplikasi yang anda mau.

Hal ini berlaku  juga jika anda menggunakan Android Nougat, anda tak bisa melakukan downgrade maupun turun ke versi yang sebelumnya. Jadi, anda hanya bisa ke versi setelah android Nougat diluncurkan.

Telah dijelaskan berbagai hal mulai dari awal pengertian Android 7.0, kemudian dilanjutkan dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan yang ada. Dengan pandangan dari sisi kelebihan maupun kekurangan pun anda bisa menimbang apakah anda akan memilih android Nougat ataupun bagaimana anda mengatasi kekurangan dari android Nougat terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *