Aplikasi Belajar Online

By | May 20, 2020

Akibat penyebaran pandemi virus Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan segala hal di rumah.

Mulai dari bekerja di rumah, beribadah di rumah dan juga belajar dari rumah.

Hal tersebut merupakan upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona. Pembatasan yang telah diberlakukan ini telah berdampak pada rutinitas keseharian masyarakat, termasuk siswa-siswi di Indonesia.

Selama masa pandemi ini, semua sekolah diliburkan dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh di rumah masing-masing siswa.

Kegiatan pembelajaran ini memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi belajar online.

Terdapat banyak sekali platform belajar online yang bisa diakses oleh siswa seluruh Indonesia untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran.

Bahkan Kemendikbud juga telah mendukung upaya ini karena telah bekerjasama dengan 12 aplikasi penyedia pembelajaran daring.

Bagi kamu yang bingung dalam menentukan pilihan, berikut 10 rekomendasi aplikasi belajar online terbaik di Android dan iOS.

Bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan dan wawasan seputar pendidikan, atau mencari materi mata pelajaran sekolah terlengkap segera kunjungi pendidikanpedia.com.

Pendidikanpedia

1. Ruangguru

Aplikasi Belajar Online Ruangguru
ruangguru.com

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi pembelajaran daring terbaik ini? Saat ini Ruangguru tengah membuka program “Sekolah Online Ruangguru Gratis”.

Program ini dibuat sebagai bentuk dan upaya menjawab tantangan belajar yang dihadapi oleh para siswa Indonesia di tengah keadaan darurat saat ini.

Melalui program tersebut, siswa bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (live teaching) secara langsung setiap hari Senin hingga Jumat. Layaknya belajar di sekolah seperti biasa.

Di dalam program ini, tersedia 15 kanal pembelajaran daring yang mencakup semua mata pelajaran mulai dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Tentunya dipandu oleh para instruktur master Ruangguru.

Aplikasi Ruangguru juga menyediakan fitur online tryout dan bank soal secara gratis yang bisa digunakan untuk melatih pemahaman.

Platform ini telah digunakan lebih dari 300.000 guru dan 15 juta pelajar di Indonesia.

Berikut contoh video pembelajaran bimbel online pada aplikasi Ruangguru.

2. Zenius

Aplikasi Belajar Online Zenius
youtube.com

Zenius Education tengah menggratiskan semua akses video pembelajarannya untuk mendukung aktivitas belajar siswa selama #DiRumahAja dan dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN).

Selain bisa diakses gratis, sebagian besar video pembelajaran Zenius juga dibuat dalam format whiteboard yang dinilai membutuhkan kuota internet paling hemat.

Para guru juga bisa turut membagikan konten video pembelajaran atau latihan soal kepada para siswa sekaligus orang tuanya melalui platform media sosial yang ada, misalnya grup WhatsApp.

Zenius telah mempunyai lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk siswa kelas 1 SD sampai 12 SMA yang sudah sesuai kurikulum nasional terhitung dari bulan Maret 2020.

3. Rumah Belajar

Aplikasi Belajar Online Rumah Belajar
kemdikbud.go.id

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar daring yang telah dikembangkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan menyediakan alternatif media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Rumah Belajar memiliki beragam fitur mulai dari Laboratorium Maya, Sumber Belajar, Kelas Digital, Bank Soal, Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Karya Bahasa dan Sastra, juga fitur-fitur lainnya yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Saat ini terhitung sudah ada 12.934 materi pembelajaran yang disiapkan di dalam aplikasi Rumah Belajar.

4. Quipper

Aplikasi Belajar Online Quipper
sma1mojosari.sch.id

Sebagai upaya mendukung imbauan pemerintah untuk tetap di rumah, perusahaan edutech Quipper juga turut menggratiskan layanan Quipper School.

Quipper School merupakan sebuah platform learning management system (LMS) yang menyuguhkan cara belajar inovatif dan mudah digunakan oleh guru maupun siswa.

Dengan menggunakan aplikasi Quipper School, guru bisa mengelola materi pelajaran, ujian dan juga nilai siswa dengan mudah.

Siswa juga bisa mengerjakan PR dan tugas secara daring dengan mudah melalui perangkat digital yang dimilikinya.

Layanan Quipper School ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 di bidang pendidikan.

5. Kelas Pintar

Aplikasi Belajar Online Kelas Pintar
selular.id

Kelas Pintar merupakan salah satu aplikasi yang telah menjalin kerjasama dengan Kemendikbud untuk menunjang pembelajaran siswa secara jarak jauh.

Aplikasi ini merupakan penyedia sistem pendukung edukasi di era saat ini yang membantu siswa dan guru dalam menciptakan praktik KBM terbaik.

Aplikasi Kelas Pintar juga menghubungkan siswa, guru sekaligus orang tua. Sehingga para orang tua bisa memantau perkembangan belajar anaknya melalui dashboard personalisasi.

Materi yang ditawarkan Kelas Pinter juga sudah berkurikulum 2013 dan disajikan secara interaktif.

6. Google for Education

Aplikasi Belajar Online Google for Education
smart-icet.mipa.uns.ac.id

Google for Education turut menyediakan layanan pembelajaran virtual demi mendukung pembelajaran daring selama masa pandemi saat ini.

Di dalam kelas Google for Education, guru bisa menayangkan streaming video, memberikan tugas, memberikan peniaian bahkan melakukan percakapan tertulis bersama para murid.

7. Microsoft Office 365 for Education

Aplikasi Belajar Online Microsoft Office 365 for Education
medium.com

Selain Google, perusahaan teknologi raksasa Microsoft juga telah menghadirkan layanan pembelajaran virtual, yaitu Microsoft Office 365 for Education. Layanan ini bisa digunakan oleh guru dan murid secara penuh dan gratis.

Aplikasi Office 365 bisa diakses dan diperbaharui secara langsung, meliputi pembaruan aplikasi Word, PowerPoint, Excel, OneNote dan Microsoft Teams.

Namun, untuk bisa menggunakan layanan aplikasi belajar online ini para guru dan murid harus menggunakan alamat email yang memiliki domain sekolah.

8. Sekolahmu

Aplikasi Belajar Online Sekolahmu
youtube.com

Sekolahmu yang merupakan aplikasi kerjasama dengan Kemendikbud juga telah merilis program Belajar Tanpa Batas.

Pada program ini tersedia layanan live streaming mata pelajaran berikut dengan jenjang sekolahnya.

Sekolahmu berniat memberikan kompetensi pada semua anak di berbagi jenjang dan usia.

Aplikasi belajar daring ini menjadi simpul kolaborasi antara ratusan organisasi dan sekolah yang telah dikurasi untuk berkarya.

Program-program yang ada di Sekolahmu juga telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Di sana juga tersedia kelas online yang bisa disaksikan melalui streaming YouTube dan dipandu oleh guru dari berbagai sekolah.

9. Meja Kita

Aplikasi Belajar Online Meja Kita
dailysocial.id

Meja Kita menyajikan materi secara tematis dan juga melengkapinya dengan forum diskusi yang bisa digunakan untuk melakukan tanya-jawab seputar materi terkait.

Materi yang disediakan merupakan pelajaran mulai dari jenjang SD sampai SMA. Materi yang disediakan juga cukup lengkap dan bisa diakses secara gratis.

Tersedia juga ribuan catatan yang diunggah oleh para siswa dari berbagai komunitas pelajar di Indonesia.

Aplikasi belajar online ini mendukung murid supaya bisa tetap belajar di rumah dan berdiskusi mengenai pekerjaan rumah, tugas dan soal.

10. Cakap

Aplikasi belajar Online Cakap
youtube.com

Dan aplikasi belajar online yang terakhir adalah Cakap. Cakap mengembangkan layanan untuk bidang pendidikan atau yang biasa disebut dengan istilah Education As A Service (EAAS).

Metode yang digunakan adalah metode interaksi dua-arah dan didukung oleh teknologi terkini.

Berbeda dengan platform belajar online lainnya, Cakap lebih fokus pada pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin.

Metode pembelajaran yang ditawarkan juga beraneka ragam. Kamu bisa memilih kelas dan mentor atau guru favorit untuk melakukan interaksi dua-arah secara langsung melalui video call. Cakap tersedia di Google Play Store dan App Store.

Itulah daftar 10 rekomendasi aplikasi belajar online yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar #DiRumahAja. Kalau boleh tahu, kamu pakai aplikasi yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *