Uninstall 4 Extension Ini Dari Browser Anda Sekarang Juga !

By | June 17, 2020

Browser extension adalah cara yang bagus untuk memperluas fungsi browser favorit Anda. Tapi Browser Extension yang buruk dapat menyebabkan lebih banyak ruginya daripada untungnya.

browser extension berbahaya

Seperti misal memakan banyak sumber daya sistem laptop Anda, mengumpulkan data Anda, menginstal adware, atau serupa, di mana Anda tidak ingin adware atau malware-malware ada di sistem browser ataupun laptop/ komputer Anda.

Tapi ketika kita butuh Browser Extension, biasanya kita lupa (atau tidak ngerti) efeknya, sehingga asal instal saja.

Berikut adalah beberapa Browser Extension buruk yang harus/ wajib Anda dihindari. Atau kalau terlanjur terinstall maka hapuslah sesegera mungkin.

1. Hola – Browser Extension No. 1 Yang Wajib Dihindari

Hola adalah Browser Extension yang sangat populer untuk membuka blokir konten yang tidak tersedia di wilayah negara kita/ diblokir pemerintah.

Namun, tidak seperti VPN pada umumnya, Hola bertindak sebagai jaringan proxy peer-to-peer. Ini berarti bahwa setiap orang yang menggunakan Hola sebenarnya “meminjam” koneksi pengguna lain.

Bahkan lebih buruk lagi, Hola telah digunakan sebagai sistem botnet raksasa. Sebagai imbalan atas layanan gratisnya, Hola menggunakan beberapa bandwidth Anda.

Di masa lalu, Hola ketahuan menjual bandwidth ini melalui Layanan jaringannya.

Jadi, meski Hola dapat memberikan layanan yang berguna, kami sarankan untuk tetap menghindari menginstallnya di browser chrome Anda.

Plus, jika pengguna lain mengakses koneksi Anda melalui jaringan dan mengakses materi ilegal (berdasarkan aturan pemerintah), maka hal itu bisa membuat Anda bermasalah.

2. Uninstall Segera Ekstensi FindmeFreebies

Ekstensi yang disebut “FindMeFreebies” ini bisa membantu Anda menemukan barang gratis secara online.

Namun, Semua itu tidak mengubah halaman tab baru Anda untuk FindMeFreebies.com, yang mengiklankan cara untuk menemukan item gratis.

Membajak halaman Beranda atau tab baru seperti ini adalah taktik umum ekstensi sampah yang hanya ingin menampilkan iklan untuk menghasilkan uang.

Jadi ketika Anda diperlihatkan barang-barang gratisan yang ditawarkan dengan cara mengkliknya, Anda akan selalu dibawa ke tab baru yang hanya berisi iklan-iklan.

3. Hindari Ekstensi Hoverzoom

Banyak Chrome Extension yang tidak jelas telah dihapus dari Google Web Store.

Hover zoom adalah salah satu contoh chrome extension yang dihapus.

Awalnya, extension ini adalah alat yang berguna untuk memperbesar gambar ketika Anda menyorot object dengan mouse.

Namun, kemudian dibeli oleh sebuah perusahaan jahat yang pada dasarnya mengubah extension browser menjadi spyware dengan melacak dan menjual data browsing Anda.

Sementara hover zoom tidak lagi tersedia di Google Web Store, saya memasukkannya di sini karena popularitasnya.

Karena masih banyak netizen (karena tidak tahu) googling – mendownloadnya – memsangnya sebagai browser extension.

Jika Anda termasuk yang melakukannya, maka hapuslah segera dari browser Anda.

4. Uninstall Semua Browser Extentsion Antivirus

Hampir setiap antivirus memonitor lalu lintas web Anda untuk keselamatan, sehingga Anda tidak perlu browser extension khusus.

Beberapa ekstensi ini telah terlibat dalam perilaku yang dipertanyakan, termasuk mengumpulkan informasi browsing Anda dan mengubah laman beranda atau mesin telusur bawaan Anda. Menggunakan salah satu dari ekstensi ini tidak membuat Anda lebih aman, tidak menguntungkan bahkan justru bikin bahaya. Sehingga Anda harus meng-uninstall semua browser extension yang sudah saya sebutin di atas sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *