Cara Merawat Burung Branjangan Agar Aktif dan Rajin Bunyi

By | May 26, 2020

Banyak orang yang mengeluhkan betapa sulitnya cara merawat burung branjangan agar kicau dan suaranya menjadi lantang. Namun nyatanya, dengan memahami beberapa trik dan cara terbaik dalam merawatnya, merawat burung branjangan bukan lagi jadi hal yang merepotkan untuk dilakukan.

Burung branjangan sendiri merupakan salah satu jenis burung pengicau dengan habitat asli Australia dan Asia Tenggara. Karakteristik fisiknya adalah warnanya yang coklat dengan aksen bintik-bintik dan garis abu-abu.

Sumber : Youtube.com

Cara Merawat Burung Branjangan

1.Pastikan Kondisi Sehat dan Tidak Cacat

Saat pertama kali membeli burung branjangan untuk dijadikan burung peliharaan, Anda harus memastikan bahwa burung tersebut dalam kondisi fit dan tidak memiliki cacat tubuh. Untuk dapat memeriksanya, Anda dapat mengamati apakah burung branjangan tersebut aktif dan bersemangat ketika berkicau atau tidak.

Kemudian pastikan juga bahwa burung branjangan tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi, dan anggota tubuhnya lengkap tanpa adanya cacat fisik.

2.Bantu Adaptasi Dengan Lingkungan yang Baru

Setelah membawanya pulang ke rumah, Anda perlu membantunya untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Misalnya saja dengan memberikan makan secara langsung dengan sentuhan tangan agar burung tersebut mulai mengenal Anda sebagai pemiliknya.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di area pekarangan rumah ataupun ruang keluarga. Hal itu dilakukan agar burung branjangan bisa benar-benar mengenal lingkungan barunya juga orang-orang yang berkemungkinan akan dekat dengannya.

3.Jinakkan Terlebih Dahulu

Jika burung branjangan dirasa masih liar dan sulit terbiasa dengan lingkungan barunya, Anda dapat menjinakkannya terlebih dahulu dengan cara memandikannya secara rutin, memberinya makan, menemaninya berjemur, atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan interaksi terhadapnya.

4.Berikan Pakan Terbaik

Pakan berkualitas baik dapat meningkatkan performa dan keaktifannya. Pakan berkualitas juga akan membuat tubuh burung branjangan menjadi bugar dan jauh dari berbagai jenis penyakit.

5.Ramuan Pakan Racikan

Untuk membuatnya semakin aktif, Anda dapat mencampurkan ramuan pakan pada makanannya. Campuran tersebut dapat berupa godem, ketan hitam, jewawut, beras merah, dan milet putih.

6.Jenis Serangga yang Bagus

Untuk menunjang pertumbuhannya, Anda dapat memberikan ekstra fooding (EF) yang memiliki kandungan protein tinggi. Sebut saja jenis serangga seperti kroto 1 cepuk, jangkrik, laron, semut madu, belalang hijau, dan lain sebagainya.

7.Multivitamin

Sebagai pelengkap gizinya, menambahkan multivitamin dalam menjadi alternatif yang bagus untuk dipilih. Multivitamin sendiri akan membuat burung branjangan memiliki kekebalan tubuh yang bagus sekaligus meningkatkan nafsu makannya.

8.Mandikan Secara Rutin

Jaga pula kebersihan tubuhnya menggunakan air yang disemprotkan ke bulunya hingga ke dalam kulitnya secara rutin. Dengan memastikan kebersihannya, jenis kutu ataupun penyakit kulit tentu bisa ditanggulangi.

9.Jemur Setiap Pagi

Selain dapat mendekatkan burung branjangan dengan pemiliknya, kegiatan berjemur setiap pagi terbukti dapat memberikan asupan vitamin alami pada tubuhnya. Usahakan untuk memilih waktu berjemur dari jam 7-8 pagi ketika sinar matahari belum terlalu terik.

10.Kebersihan Kandang

Selalu pastikan bahwa kandang dari burung branjangan terbebas dari debu dan selalu kering. Pasalnya, kondisi kandang yang lembab akan menyebabkan kuman mudah untuk berkembang sehingga dapat membawa penyakit pada burung branjangan itu sendiri. Pun demikian dengan tempat makan dan minum yang biasanya digunakan oleh burung tersebut.

Kebersihan dari kandang branjangan ini dapat terjaga apabila Anda rutin dalam membersihkannya.

11.Kriteria Ukuran Kandang

Pada dasarnya, burung branjangan termasuk ke dalam jenis satwa lincah yang gemar terbang. Karenanya, penting bagi Anda untuk menyediakan kandang yang cukup luas untuknya terbang mengelilingi sangkar/kandang.

12.Tambahkan Atribut Pendukung dalam Kandang

Habitat asli burung branjangan adalah alam liar. Dengan fakta tersebut, Anda dapat menambahkan beberapa atribut pendukung dalam kandang agar suasana kandang mirip dengan habitatnya sehingga proses adaptasi pun dapat berjalan lancar.

Anda dapat menambahkan sejumlah kerikil di bagian bawah kandang serta pohon-pohon kecil untuk menghiasi kandang tersebut. Sehingga burung branjangan akan merasa nyaman ketika menempati tempat barunya tersebut.

Nah, setelah mengetahui cara-cara tersebut, terapkan semua cara merawat burung branjangan di atas dengan telaten dan kontinyu agar hasilnya juga memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *