3 Cara Reset HP Samsung Semua Tipe Tanpa PC [Lancar Lagi]

By | Agustus 3, 2020

HP samsung kamu ingin jual atau memiliki performa yang kurang maksimal sehingga menimbulkan hang dan lemot? Lakukan cara reset hp samsung ini yuk.

Reset pada android terdiri dari beberapa cara, biasanya yang paling umum adalah soft reset dan hard reset. Tentu kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pada soft reset, kamu tidak bisa melakukan soft reset ketika hp terkunci lupa pola dan password.

Sedangkan pada hard reset kamu tidak bisa melakukannya karena semua data yang ada di memori internal akan terhapus (karena sebelumnya data – data tersimpan di internal, jadi tidak rela kalau kehilangan).

Sebenarnya kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah kok. Asal saja kondisi kerusakan pada Hp samsung kamu memungkinkan untuk melakukan backup data dan tidak ada kunci layar.

Perhatikan Hal – Hal Ini

Sebelum lanjut ke cara resetnya, sebaiknya perhatikan hal – hal berikut ini:

  1. Backup Data : Seperti yang sudah Admin jelaskan diatas, kamu harus membackup seluruh data dalam ponsel Samsung termasuk dokumen dan foto
  2. Lepaskan Kartu SD (Jika Ada) : Apabila kamu menggunakan MicroSD buat penyimpanan tambahan, sebaiknya lepas terlebih dahulu sebelum melakukan reset data
  3. Daya Baterai Minimal : Pastikan juga kamu mempunyai daya baterai yang cukup, minimalnya 80%
  4. Jangan Sambil Dicas : Saat sedang reset data hp, sebaiknya jangan sambil mengisi daya
  5. Bila Bootloop : Ini kemungkinan terburuk yang perlu diperhatikan karena sudah menjadi risiko, pada kondisi ini kamu jangan pernah panik dan gegabah

Setelah kamu memerhatikan hal – hal yang admin sebutkan diatas, seharusnya sekarang kamu sudah siap dalam melakukan reset data ulang untuk kembali ke pengaturan awal dan mengatasi masalah yang terjadi.

Baca Juga : Cara Hard Reset iPhone 4 dengan Tombol

Cara Reset Ulang Data HP Samsung

Meskipun cara reset hp samsung digolongkan mudah, namun tetap saja masih ada yang kesulitan. Nah, admin akan memberikan cara untuk pemula karena tidak memerlukan alat bantu seperti perangkat PC/Laptop, berikut langkah – langkahnya:

1. via Kode Rahasia Samsung

kode dial rahasia

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk reset ulang smartphone samsung ialah menggunakan kode rahasia ponsel samsung, caranya:

  1. Nyalakan ponsel Samsung
  2. Kemudian pilih program Telepon
  3. Masukkan kode dial *2767*3855#
  4. Setelah itu pengguna akan dibawa masuk ke dalam menu Factory Reset
  5. Selesai

Admin sarankan sebelum melakukan reset ulang data hp samsung menggunakan kode dial rahasia ini untuk mengeluarkan akun samsung terlebih dulu.

2. via Android System Recovery Samsung

recovery mode samsung
reset menggunakan recovery mode samsung

Ketika ponsel Samsung Galaxy tidak bisa masuk ke homescreen, alias bootloop atau mentok di logo saja. Cara reset melalui Recovery ini tergolong mampu dalam menangani masalah tersebut. Untuk menggunakan metode ini, langkah – langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama matikan Hp Samsung (jika masih hidup di logo) dengan cara menekan tombol Power selama beberapa detik maka ponsel akan mati sendiri
  2. Selanjutnya tekan secara bersamaan Tombol Power + Volume Atas + Home untuk masuk ke Android System Recovery
  3. Jika sudah masuk ke recovery, pilih menu Wipe Data/Factory Reset. Cara menggeser opsi dengan tombol Volume Atas dan Power untuk memilih opsi
  4. Setelah itu proses reset ulang data hp samsung akan dimulai dan tunggu sampai selesai
  5. Terakhir, pilih menu Reboot System Now jika reset sudah selesai

Cara kedua ini dalam beberapa kasus ada yang tidak bisa dan malah mengalami kerusakan lainnya. Jadi, jika menggunakan cara reset menggunakan recovery mode diatas keberhasilannya kurang, gunakan saja cara ketiga.

3. via Pengaturan Samsung

factory data reset
Reset Samsung via Pengaturan

HP samsung sendiri memiliki pengaturan Android yang mempunyai berbagai macam fungsi, salah satunya untuk mereset ulang hp samsung untuk dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Samsung bootloop tidak bisa menggunakan cara ini ya, jadi cara reset menggunakan pengaturan Samsung ini hanya bisa ketika kondisi smartphone samsung masih bisa hidup dan tidak terkunci lupa password.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak langkah – langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setting hp Samsung
  2. Cari dan pilih menu Backup and Reset
  3. Pilih opsi Factory Data Reset dibagian paling bawah
  4. Setelah itu centang data yang ingin diselamatkan (tidak terhapus)
  5. Langkah terakhir pilih opsi Reset Device lalu tunggu prosesnya sampai selesai (membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit)
  6. Selesai

Sekarang nikmatilah performa hp samsung yang telah meningkat dan masalah – masalah sudah teratasi.

Hanya dengan cara flash hp samsung diatas, selain performa meningkat masih ada keuntungan lainnya, misalnya seperti RAM jadi lega, penyimpanan internal semakin leluasa dan masih banyak lagi lainnya. Semoga ulasan diatas dapat membantumu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *