Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sampah

By | May 27, 2020

Teks eksposisi merupakan teks yang isinya merupakan hasil pemikiran penulis dan gagasan pendapatnya mengenai suatu hal.

Ada 3 struktur teks eksposisi, yaitu :

  1. Pernyataan Pendapat (Tesis)
  2. Argumentasi
  3. Penegasan Ulang

Pernyataan pendapat merupakan bagian pembuka atau awal dari sebuah teks eksposisi. Isinya merupakan gambaran umum pandangan penulis. Bagian ini juga biasa disebut dengan istilah tesis.

Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang berisi rangkaian argumen penguat pendapat penulis. Bagian ini harus disertai dengan fakta yang valid dan akurat agar bisa mendukung pendapat dengan kuat.

Dan struktur yang terakhir adalah penegasan ulang. Pada bagian ini penulis kembali menegaskan pendapatnya secara ringkas. Bisa juga berisi simpulan dari hal yang telah dibahas.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sampah

Berikut disajikan 1 buah contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengerjakan tugas.

Parahnya Masalah Sampah di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sampah
Sampah plastik di pesisir lautan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Kali ini Indonesia kembali menuai sorotan dunia sehubungan dengan parahnya masalah sampah yang kian berkembang dan belum bisa teratasi.

Melihat perkembangan masalah sampah plastik yang terus meningkat, seharusnya pemerintah segera bertindak dalam mempercepat perbaikan sistem pengelolaan sampah.

Indonesia mempunyai jumlah populasi pesisir 187,2 juta di mana setiap tahunnya menghasilkan kurang lebih 3,22 juta ton sampah plastik.

Tentu semua sampah tersebut tidak terkelola dengan baik. Bahkan sekitar 0,5 hingga 1,30 juta ton sampah plastik itu juga diduga mencemari lautan kita.

Data tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik di laut terbesar kedua di dunia, setelah China memimpin dengan tingkat pencemaran sektiar 1,23 – 3,53 juta ton per tahun.

Argumentasi

Dampak tingginya pencemaran sampah di Indonesia adalah kian meningkatnya polusi, dan menurunnya kualitas lingkungan hidup yang dapat mengancam kepunahan flaura dan fauna.

Indonesia merupakan salah satu pusat ekosistem laut dunia karena ribuan pulau yang dimilikinya. Perairan Indonesia merupakan rumah bagi 76% spesies karang, padang lamun dan hutan bakau.

Dengan adanya sampah plastik, berbagai spesies ikan tentu akan terganggu.

Selain berdampak pada lingkungan, parahnya masalah sampah Indonesia juga dapat berdampak pada bidang perekonomian.

Karena berdasarkan buku saku Kementerian Pariwisata, sektor pariwisata merupakan penyumbang 9% Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2014.

Adanya sampah yang menimbulkan polusi perairan bisa berdampak pada menurunnya kinerja pariwisata Indonesia.

Apalagi dunia global menilai bahwa wilayah pesisir merupakan daya tarik utama pariwisata Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya jumlah wisatawan asing yang berlibur di Bali mencapai 2,29 juta orang sepanjang bulan Januari sampai Mei 2019. Atau merupakan 62% dari total wisatawan yang datang dari jalur udara.

Apabila potensi pariwisata tidak lagi digarap akibat dari faktor polusi karena sampah, maka laju pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terganggu dan sulit untuk diangkat dari angka 5% seperti saat sekarang ini.

Penegasan Ulang

Masalah sampah plastik yang ada di Indonesia tidak bisa dibiarkan begitu saja dan terus berkembang. Diharapkan pemerintah bisa lebih tegas lagi dalam membuat peraturan dan kebijakan pengelolaan sampah plastik.

Selain itu, masyarakat juga harus lebih disiplin lagi agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi jika sampai mencemari laut Indonesia.

Sehinga kerja keras dan kerja cerdas yang tersinergi diperlukan antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah sampah di Indonesia.

Demikian satu buah contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya tentang masalah sampah plastik di Indonesia.

Semoga setelah melihat contoh di atas, wawasan dan pengetahuan kamu semakin bertambah.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *