Ini dia.. Alasan Kenapa Google Play Service Sering Berhenti

By | July 19, 2020

Buat kamu pengguna smartphone, mungkin pernah alami hal ini.. lagi nyantai mainan HP eh.. ada notifikasi
google play service berhenti..

Jangan panik yah..

Umumnya ada 5 penyebab kenapa google play service terhenti, dari masalah banyaknya File Cache, Bug aplikasi, ada problem pada memori, masalah koneksi internet, dan kerusakan sistem android itu sendiri.

1. File Cache
Nama lain file cache adalah junk files atau file sampah. Setiap aplikasi yang diinstal dan kamu gunakan itu menghasilkan file sampah yang secara langsung tidak terlihat tetapi ada di dalam sistem. Nah.. Cache inilah yang sering menumpuk dan bisa menyebabkan layanan google play terhenti.

2. Bug Aplikasi
Bug aplikasi maksdunya ada kesalahan atau kerusakan pada aplikasi yang kamu gunakan (crash). Jadi bukan HP nya yang rusak ya.. tapi memang ada kerusakan pada aplikasi yang diinstal.

Makanya ada istilah “Update Aplikasi”.

Update aplikasi pada google play store itu untuk memperbaharui fitur dan kerusakan pada aplikasi lama, jika tidak di update, kemungkinan bisa terjadi hang atau error yang ujung-ujungnya layanan google play telah berhenti.

3. Memori RAM penuh
Setiap HP memiliki kapasitas memori internal yang tebatas. Banyaknya aplikasi yang terpasang membuat kapasitas RAM penuh yang mengakibatkan aplikasi bisa lag, macet, ngeblank, bahkan pesan error pada layanan google play.

4. Koneksi Internet Bermasalah
Terkadang, koneksi internet yang tidak stabil bisa menyebabkan HP menjadi lemot dan berujung pada layanan google play yang terhenti.

5. Kerusakan pada Sistem Android
Kerusakan ini bukan pada aplikasinya, tetapi pada sistem operasi Android (OS). Jika ini yang rusak, solusinya harus flash ulang sistem.

Selain flash ulang sistem android, bisa juga dengan cara upgrade sistem operasi android yang terbaru melalui menu Pengaturan yang ada di HP

Referensi : Google play telah berhenti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *