Penyebab dan Ciri Ciri Murai Batu Stress

By | May 26, 2020

Stres bukanlah sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh manusia saja, tapi juga binatang termasuk juga dengan murai batu. Stres yang dirasakan tersebut memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa didiagnosa secara mandiri oleh pemilik burung murai. Lalu apa sajakah ciri ciri murai batu stres?

Penyebab dan Ciri Ciri Murai Batu Stress
Sumber : freepik.com

Ciri-Ciri Murai Batu Stress

1.Perubahan Perilaku

Burung murai batu yang mengalami stres cenderung memiliki perubahan perilaku. Mulai dari yang awalnya jinak berubah menjadi liar tanpa alasan yang jelas.

2.Kehilangan Nafsu Makan

Jenis burung murai batu yang biasanya gemar makan voer mendadak enggan makan voer.

3.Macet Bunyi

Burung yang sebelumnya aktif berkicau cenderung berubah menjadi diam, atau macet bunyi, ketika sedang merasa stres.

4.Menyakiti Diri Sendiri

Ketika keadaan stres yang dialami burung sudah cukup buruk, mereka cenderung akan menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulunya. Bahkan untuk beberapa kasus, burung murai batu tidak enggan untuk menyakiti pemiliknya yang sedang memberinya makan.

5.Sering Mengembangkan Bulunya

Burung yang merasa stres akan sering mengembangkan bulunya.

6.Galak dan Agresif

Burung murai yang merasa stres akan berubah menjadi lebih galak dan juga agresif.

Penyebab Murai Batu Bisa Stress

Terdapat banyak alasan yang menyebabkan burung murai batu bisa stres. Satu diantaranya ialah terganggu karena kehadiran dari binatang lain di tempatnya. Misalnya saja kucing, anjing, atau jenis hewan peliharaan lainnya.

Burung murai batu juga bisa stres karena banyaknya polusi dan asap yang dihirupnya. Pergantian peletakan tenggeran yang menyebabkan murai batu tidak nyaman, suara yang terlalu keras dari binatang, juga pergantian pakan yang dianggapnya kurang enak untuk disantap.

Baca Juga : Masalah pada Burung Lovebird dan Cara Mengatasinya

Selain itu, burung murai batu juga akan merasa stres apabila ditinggalkan oleh pasangannya. Jarang terjadi interaksi antara pemilik dan juga burung murai batu. Ditempatkan pada sangkar yang terlalu kecil. Serta kondisi burung yang memang sedang tidak baik atau kurang fit.

Cara Menangani Burung Murai Batu Yang Stress

Untuk menangani burung murai batu yang sedang stres, Anda dapat memindahkan sangkarnya ke tempat yang lebih tenang sehingga burung tersebut akan terhindar dari berbagai distraksi yang disebabkan oleh hewan lainnya.

Sembari meletakkannya di area yang tenang, Anda dapat memutar musik alam liar untuk membuatnya lebih cepat pulih dari stres.

Burung yang stres juga bisa diterapi dengan menggunakan kandang umbaran. Teknik dalam terapi ini dipercaya mampu memulihkan kondisi fisiologis dari burung tersebut.

Jika penyebab stresnya burung murai batu adalah kondisinya yang tidak fit, Anda disarankan untuk memberinya multivitamin dan menjemurnya secara rutin di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin alami.

8 Obat untuk Burung Murai Stres

Nah Berikut ini merupakan beberapa daftar obat untuk burung murai yang sedang stres. dikutip dari website Penghobi burung yaitu Sukaburung.com.

1.Pemberian Vitamin

Jika penyebab stresnya burung murai batu adalah kondisinya yang tidak fit, Anda disarankan untuk memberinya multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Anda juga bisa mencampurkan EF/extra fooding agar nutrisinya tetap terpenuhi.

2. Pemberian New Nutrisi Orbird

New Nutrisi Orbird ialah obat yang diperkaya dengan nutrisi khusus untuk diberikan kepada burung yang sedang mengalami stres. Obat ini dapat didapatkan dengan mudah di toko khusus pakan burung. Untuk penggunaannya, Anda dapat mencampurkannya ke dalam minuman yang akan diminum oleh burung murai batu.

3. Fit D2K

Fit D2K juga merupakan obat dengan nutrisi khusus lainnya yang dapat mengobati stres pada burung. Pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkannya pada minuman burung murai.

4. Maxy – Lyte

Sebenarnya, Maxy – Lyte merupakan obat anti stres yang seharusnya diberikan sebelum burung benar-benar merasa stres. Akan tetapi, jika burung terlanjur mengalami stres, obat ini masih dianjurkan untuk diberikan. Pasalnya Maxy – Lyte mengandung nutrisi yang dapat menciptakan efek tenang pada burung.

5. Rebusan Air Jahe

Rebusan air jahe dapat menjadi alternatif obat stres lainnya yang bisa dicoba. Untuk penggunaannya sendiri, Anda cukup merebusnya dengan air hingga mendidih. Kemudian campurkan dengan madu murni dan diamkan hingga dingin. Baru setelahnya Anda bisa memberikannya pada burung murai.

6. Madu Murni

Rasa manis pada madu murni dipercaya mampu mengurangi tingkatan stres yang diderita oleh burung murai.

7. Air Gula

Faktanya, air gula menjadi minuman favorit yang disukai oleh burung. Karenanya, memberikan air favoritnya akan membuatnya merasa lebih nyaman dan rileks.

8. Vitamin B12

Pemberian vitamin B12 dapat terus menunjang kesehatan dari burung murai. Obat ini akan sangat cocok digunakan ketika penyebab burung murai stres adalah kondisi kesehatannya.

Pemberian perlakuan dan obat yang tepat pada burung murai sesuai dengan penyebab dari stres yang dialaminya akan membuatnya sembuh dengan lebih cepat. Sehingga burung murai batu pun dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *