Tragedi Bhopal

Dianggap sebagai bencana industri terburuk di dunia, tragedi Bhopal berlangsung ketika terjadi kebocoran berton-ton ( 20-40 ton ) gas beracunĀ  pada pabrik pestisida milik Union Carbide India Limited yang berlokasi disekitar daerah miskin dan padat penduduk di Bhopal, India.

3 Desember 1984, larut malam. Para pekerja sedang membilas pipa dengan air bersih, karena suatu sebab, air memasuki tangki yang terisi gas metil isosianat (MIC) & memicu reaksi kimia yang menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tangki.

Tidak hanya MIC saja, terdapat campuran mono methylamine, carbon monoxide & 20 bahan kimia mematikan lainnya. Sirine peringatan berbunyi, tetapi kemudian berhenti, menyebabkan sebagian besar warga Bhopal tidak menyadari bahaya besar yang mengintai.

Paling sedikit 8.000 pekerja dan penduduk meninggal dunia dalam tiga hari pertama setelah terjadinya bencana tersebut & sebanyak 150.000 org mengalami luka dan cacat permanen, berbagai penyakit & melanjutkan hidup dengan penderitaan, termasuk melahirkan anak-cucu dgn cacat lahir

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *