SMKN 8 SURAKARTA

Dulu ketika masih bernama Konservatori, sekolah mempunyai kejadian yang sangat menghebohkan. Bagaimana tidak? Ketika suatu hari sekolah ini menggelar pentas kesenian, seorang penari tiba-tiba menghilang. Dan ditemukan beberapa hari kemudian dengan tidak bernyawa. Anehnya lagi, mayatnya ditemukan di Pantai Selatan yang jaraknya cukup jauh dari sekolah tersebut.

Hal itu juga menguatkan pendapat bahwa terdapat lorong yang menghubungkan sekolah tersebut dengan Pantai Selatan. Lorong tersebut terletak di bawah aula dan di tempat tersebut selalu tergenang dengan air.

Di sekolah ini, banyak saksi mata yang mendengarkan suara gamelan yang ditabuh pada malam hari. Padahal di ruang karawitan tersebut tidak terdapat siapa-siapa. Bahkan sekolah ini sering mengalami kesurupan baik massal atau satu orang. Dan banyak pula mereka yang hanya lewat di depan sekolah tersebut mendapat gangguan. Baik dalam wujud penampakan, suara misterius, maupun aroma-aroma yang menyengat. Bahkan dahulu pun, sebuah reality show tertarik untuk membahas tentang keangkeran sekolah serta mengadakan pembuktian tentang kemistisan sekolah ini.


SMK FARMASI SURAKARTA

Ketika kita masuk di dalamnya kita akan disuguhkan beberapa bangunan dengan desain modern dan beberapa bangunan dengan desain kuno. Wajar saja, bangunan ini merupakan bangunan lama dan merupakan bekas pabrik konfeksi yang konon dibangun diatas tanah pemakaman. Disamping kisah prestasi banyak alumninya, ternyata sekolah ini juga mempunyai kisah yang menakutkan yang mungkin masih beredar sampai sekarang.

Beberapa kisah menyebutkan bahwa di sekolah ini sering didapati penampakan seorang kakek tua dengan beskapnya yang kadang muncul di sekitaran Laboratorium Komputer sambil tersenyum. Ada pula sosok perempuan kecil berwajah pucat yang sering duduk di anak tangga dengan memakai seragam kumal. Konon, penampakan tersebut merupakan wujud dari siswi disini yang meninggal karena kecelakaan ketika masih bersekolah disini. Ada juga kisah hantu penunggu Parakletos. Sebuah bangunan dengan kubah diatasnya, yang berada di area SMK ini yang konon katanya pamali untuk naik ke bagian atasnya.


SMK ST. MIKAEL SURAKARTA

Beberapa kejadian dan mitos yang menyeramkan juga sempat beredar hingga sekarang ini. Beberapa sumber menyebut seringnya kemunculan penampakan seorang perempuan berambut coklat di lantai dua dan halamannya ketika senja tiba. Ada pula sosok hantu berupa potongan tubuh yang sering mengganggu siswa yang sedang praktek di Bengkel Praktek Training Grassrootnya. Kadang menampakkan wujudnya, kadang pula usil dengan memindah-mindahkan barang praktek para siswanya. Yang terkenal adalah sosok kumpulan pocong yang mendatangi mess yang tidak jauh dari situ. Dikisahkan pada malam tertentu akan muncul suara kumpulan orang melompat diluar mess, jika penghuni mess membuka pintu suara tersebut akan hilang. Tetapi jika sudah menutup pintu sontak sang pocong akan berada di dalam kamar.


SMKN 3 SURAKARTA

Dahulu sebelum berdirinya gedung sekolah, daerah ini merupakan tanah lapang untuk menggembala hewan ternak. Bahkan kebo Bule keraton Surakarta juga sering berada di titik ini. Di salah satu titik yang sekarang menjadi aula, dipercaya pernah menjadi tempat untuk bertapa. Konon, beberapa pusaka secara tidak sengaja jatuh di titik tersebut. Hal ini yang membuat suasana berbeda ketika kita memasuki aula sekolah ini.

Beberapa kejadian aneh masih menancap di ingatan para alumni. Salah satunya ketika acara diklat suatu organisasi, seorang berseragam sekolah tampak sedang bermain-main dengan tiang bendera di tengah malam. Ketika panitia memanggilnya tiba-tiba sosok tersebut lari menuju aula padahal aula saat itu sudah terkunci dan tidak ada orang sama sekali. Ada pula sosok makhluk bungkuk berjubah hitam dengan mata yang hampir keluar yang sering menampakkan wujudnya di beberapa sisi kamar mandi. Tidak cuma itu, bau daging gosong sering tercium ketika jam pelajaran di hari Kamis. Beberapa mengaitkan hal itu dengan pocong yang sering muncul duduk secara gaib di beberapa sudut kelas. Konon, pocong ini adalah sosok paling jahil yang sering menakuti siswa ketika si siswa sedang melamun.

Meskipun demikian, mitos tetap mitos. Tidak ada yang tahu kepastiannya. Apakah itu nyata atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *