Waspada!!! : Kriminalitas Dunia Maya

Semakin mudahnya akses teknologi dan informasi *khususnya di dunia maya* banyak dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan, baik itu secara individu maupun kelompok. Tanpa mengenal batasan, setiap harinya, setiap orang dengan mudah memperoleh informasi, hiburan, dan berbagai kebutuhan di dunia maya dengan mudah. Mulai dari situs berita, sosial media, online shop, ataupun game dan hiburan diakses tanpa mengenal waktu.

Dampak positif dan negatif tentunya selalu muncul dengan mudahnya mengakses teknologi di dunia maya. Jika digunakan dengan positif, kemudahan mengakses teknologi dan informasi ini tentunya mampu meningkatkan mobilitas yang menunjang peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi. Namun, disisi lain juga dimanfaatkan oleh pihak tertentu secara tidak bertanggung jawab, untuk melakukan tindak kejahatan di dunia maya.

Di Indonesia, untuk mengantisipasi kejahatan di dunia maya, pada tahun 2008 disahkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dasar hukum dari Undang-undang No. 11 tersebut adalah Pasal 5 ayat 1dan Pasal 20 UUD 1945. Meski begitu, masih banyak perilaku yang dikategorikan sebagai tindakan kriminal menurut UU tentang ITE yang terjadi setiap harinya. Untuk terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, akan lebih bijak jika kita pahami dulu aturan yang ada sebelum memanfaatkan teknologi informasi baik itu untuk sosial media, online shop ataupun mencari hiburan di dunia maya.

download, baca dan pahami Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *