Sciencedirect : situs favorit mahasiswa tingkat akhir

[Dari Sudut Pandang Mahasiswa] Beberapa tahun duduk di bangku perkuliahan, sia–sia rasanya jika tidak akrab dengan yang namanya skripsi/tugas akhir. Skripsi merupakan sensaai tesendiri mahasiswa tingkat akhir. Di tahap ini, setiap mahasiswa disibukkan dengan yang namanya penelitian. Baik penyusunan proposal maupun naskah skripsi harus disusun secara bertahap. Semua dimulai dengan latar belakang penelitian, mencari landasan teori, menentukan metode, tempat, waktu, bahan dan juga alat, sebelum melakukan penelitian. Tidak sampai disitu, masih ada ribuan data yang siap diolah dan dianalisa, untuk bisa sampai pada kesimpulan. Namun, untuk menyelesaikan skripsi masih juga harus melalui konsultasi dengan dosen pembimbing, belum termasuk revisi, revisi dan revisi, sebelum akhirnya bisa sampai ke sidang pendadaran.

Untuk dapat sukses menyelesaikan skripsi, jurnal merupakan referensi penunjang yang sepertinya sudah menjadi sahabat akrab mahasiswa tingkat akhir. Untuk menunjang penelitian akhir, sangat dibutuhkan referensi yang berkualitas dan up to date. Dengan semakin terbukanya informasi secara global, tentunya bukan hal yang sukar untuk memperoleh referensi yang terpercaya. Namun, permasalahan terkadang muncul ketika referensi yang diperoleh kurang sesuai dengan yang diharapkan atau susahnya memperoleh akses untuk download dokumen yang diinginkan.

Sciencedirect, merupakan salah satu situs yang menyajikan jutaan jurnal ilmiah yang dapat di download dengan mudah. meskipun berbayar, namun, hampir semua universitas sudah berlangganan di situs ini, sehingga dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kampus, dapat dengan mudah memperoleh jurnal dari situs ini tanpa berbayar.

Kemudahan mendownload dari situs ini ditunjang dengan adanya fitur search yang memungkinkan pengguna mencari jurnal berdasarkan judul ataupun kata kunci yang dimasukkan. Selain itu, juga bisa mencari jurnal berdasarkan kategori dan disiplin ilmu yang sesuai dengan keinginan. Sciencedirect tergolong sabagai situs penyedia jurnal favorit bagi peneliti profesional maupun mahasisiwa tinggkat akhir, selain mudah dalam proses download, jurnal yang disajikan merupakan update jurnal terbaru yang sangat menunjang kelulusan mahasiswa tingkat akhir.

sciencedirect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *