Mengapa Harus Entrepreneur?

Dikisahkan dalam sebuah buku berjudul Our Iceberg is Melting memberikan cerita yang sangat menarik oleh koloni pinguin yang tinggal di sebuah gunung es di samudra Antartika. Dalam buku yang ditulis oleh John Kother, seorang dosen dan ahli perubahan dari Harvard Business School ini mengisahkan seekor pinguin bernama Fred yang mempunyai rasa ingin tahu dan pengetahuan yang tinggi. Dengan kepandaian yang ia miliki, suatu hari Fred menemukan kenyataan yang membuatnya tidak nyaman. Dia mengamati suatu fenomena yang dapat memicu hancurnya gunung es tempat mereka tinggal. Perkiraan Fred kejadian ini akan terjadi saat memasuki musim dingin.

Fred mencari cara meyakinkan para pemimpin koloni tentang apa yang akan terjadi. Awalnya tidak ada yang percaya dengan semua yang dikatakan Fred. Namun, dengan akalnya Fred berusaha meyakinkan kepada koloni pingiun itu. Dia menunjukan suatu fenomena yang dapat menggambarkan kondisi gunung es mereka saat ini. Dengan sebuah botol berisi air, dia melakukan sebuah eksperiment. Botol yang berisi air tadi ditutup rapat kemudian suhunya diturunkan secara drastis, maka yang terjadi botol itu pecah. Dan seperti itulah kondisi gunung es tempat mereka tinggal saat ini. Banyak celah yang sudah terbentuk di bawah gunung es mereka, bahkan setelah dilihat lebih lanjut sudah membentuk suatu goa di bawah gunung mereka dan mulai terisi oleh air laut. Melihat temuan ini, membuat sebagian besar pinguin percaya kepada Fred dan mulai panik dengan kondisi yang terjadi. Hanya beberapa yang masih tidak sependapat dengan apa yang dikatakan Fred. Melihat kondisi ini kemudian koloni pinguin ini membentuk tim untuk menyelsaikan permasalahan ini. Singkat cerita, tim yang dibentuk pergi untuk mencari tempat tinggal baru yang bisa mereka tempati dan mereka berhasil menemukannya.

Tidak mudah menerima suatu perubahan, namun perubahan itu pasti akan datang. Seperti yang dilakukan koloni pinguin yang harus meninggalkan gunung es mereka untuk mencari rumah baru. Dalam menjadi seorang entrepreneur, perubahan akan selalu terjadi. Yang harus dilakukan entrepreneur dengan segala perubahan ini adalah bagaimana mencari solusi untuk perubahan yang ada.

“Jika kamu melawan ombak di lautan, yang terjadi adalah seperti karang di tengah samudra. Kamu akan hancur berkeping-keping oleh terjangan energi ombak dan menjadi batu karang yang kecil. Sedangkan jika hanya diam menunggu sampai energi gelombnag itu habis, kamu hanya akan seperti pantai dan tidak mendapat apa-apa. Maka jika ingin memanfaatkan ombak tersebut jadilah seorang pesenlancar yang mampu menari-nari diatas ombak. Bermodal sebuah papan, kamu dapat menikmati energi yang dimiliki ombak tersebut.”

Ikut arus atau terbawa arus perubahan, itu yang akan dialami oleh seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur harus punya solusi dalam menghadapi perubahan dan siap menghadapinya. Jika tidak maka dia akan hancur kerena perubahan. Dalam melakukan sebuah perubahan akan muncul kelompok-kelompok yang menentang atau tidak yakin dengan perubahan yang akan dilakukan. Maka, menjadi seorang entrepreneur harus yakin akan inovasi yang akan diberikan dan dapat meyakinkan dampak positif perubahan yang diberikan kepada orang lain. Tidak ada batasan untuk menjadi seorang entrepreneur. Dengan keyakinan akan inovasi yang diciptakan, setiap orang dapat menjadi entrepreneur dengan melihat permasalahan sederhana di sekitarnya dan mencari solusi penyelesaiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *