Bandingin Aplikasi Kredit Kredivo vs Akulaku Buat Kredit Gadget

Soal perkreditan gadget, saya pernah ngalamin dilema mau pake aplikasi kredit Kredivo atau Akulaku. Ada yang bilang, Akulaku lebih oke. Ada yang bilang juga bunga Kredivo lebih rendah dan transaksinya nggak ribet sama sekali.

Daripada bingung-bingung, saya akhirnya mutusin buat bandingin keduanya sendiri. Berhubung Kredivo dan Akulaku sekarang ini adalah aplikasi kredit online paling populer di pasaran. Limitnya tinggi, mitra merchantnya juga banyak banget. Kebetulan, saya lagi mau kredit HP Samsung Galaxy A31 buat bisnis online.

Langsung aja, berikut ini hasil perbandingan yang saya amati dari Kredivo vs Akulaku.

Uang Muka di Kredivo vs Akulaku

Di Kredivo semua cicilan atau kredit barang berlaku tanpa uang muka. Asalkan limit kredit kita cukup dan minimum barang yang dibeli harganya Rp 1 juta ke atas. Kayak saya punya limit kredit Rp 20 juta, mau kredit Samsung Galaxy A31 yang harganya Rp 3,6 juta di di Blibli, bisa langsung cicilan pake Kredivo.

Di Kredivo, opsi uang muka baru tersedia apabila harga barang yang kita mau kredit melebihi limit yang kita punya. Selain itu, ada 4 syarat lainnya yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Sudah menjadi user Premium.
  2. Berlaku hanya untuk cicilan tenor 12 bulan.
  3. Maksimal uang muka yang diperbolehkan adalah 30% dari sisa limit Kredivo yang kita punya.
  4. Tidak berlaku untuk pembelian dengan kode QR.

Kalo di Akulaku, kredit HP bisa dilakukan dengan atau tanpa DP tergantung dari merchant rekanan yang kita pilih. Kalo kita pilih di marketplace atau toko offline, kita wajib bayar uang muka. Sementara di e-commerce rekanan Akulaku, kita bisa pilih kredit tanpa DP. Jumlah uang muka yang harus dibayar juga berkisar mulai 15% sampai 65%.

Pilihan Merchant di Kredivo vs Akulaku

Kredivo saat ini sudah memiliki 1000+ merchant yang bermitra mulai dari e-commerce sampai toko offline. Contohnya: Bukalapak, Tokopedia, Bhinneka, Erafone, Xiaomi, Best Denki, iBox Erajaya Group, Xiaomi dan Samsung Store dan masih banyak lagi. Semua daftar merchants yang sudah bermitra dengan Kredivo bisa langsung kita cek di appsnya kalo udah jadi pengguna.

Nggak mau kalah, Akulaku juga punya banyak merchant rekanan, mulai dari yang online sampai offline kayak Bukalapak, Shopee, Blibl, Jd.id, Sharp, LG, Arjuna Elektonik, dan lain-lain. Opsi merchantyang beragam inilah yang menurut saya bikin Kredivo dan Akulaku sama-sama unggul dan bersaing di pasaran.

Suku Bunga dan Pilihan Tenor di Kredivo vs Akulaku

Nah, bagian paling pentingnya yang saya bandingin adalah suku bunga dan opsi tenor di Kredivo vs Akulaku. Karena dua hal ini yang bakal nentuin besar kecilnya angsuran HP saya nantinya. Dilihat dari informasi pada situs dan aplikasinya, Kredivo memiliki bunga lebih rendah dibanding Akulaku, yaitu 2,6%. Sedangkan Akulaku memiliki suku bunga cicilan sekitar 2,7% untuk kredit HP dan barang lainnya.

Kredivo menawarkan opsi tenor 3 bulan, 6 bulan, dan maksimal 12 bulan dengan minimum harga barang Rp 1 juta ke atas, sementara Akulaku menawarkan opsi tenor 1/2/3/6 bulan dengan harga minimum barang Rp 200 ribu. Di satu sisi, Kredit pake Kredivo bisa lebih panjang tenornya dibanding Akulaku. Di sisi lain, minimum harga barang untuk kredit pake Akulaku lebih rendah dibandingkan Kredivo.

Antara Kredivo vs Akulaku, Mana yang Saya Pilih?

Dengan segala perbandingan di atas dan pertimbangan pribadi, saya menjatuhkan pilihan ke Kredivo. Yang pertama, tentu karena bunganya lebih rendah dengan opsi tenor yang panjang. Yang kedua, limit yang bisa saya dapat lebih besar (maksimal s.d Rp 30 juta). Yang ketiga, buat saya pribadi, tampilan aplikasi Kredivo lebih enak dan nyaman untuk dilihat & digunakan.

Di antara sekian banyak merchant rekanan Kredivo, saya coba kredit Samsung Galaxy A31 di Blibli. Saya dapat harga Rp3.699.000 dan simulasi cicilannya pake Kredivo menjadi:

  1. Untuk tenor 3 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp1.329.180.
  2. Untuk tenor 6 bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp712.670.
  3. Untuk tenor 12 bulan, angsuran per bulannnya sebesar Rp404.420.

Simulasi tersebut sudah termasuk suku bunganya. Jadi, saya tinggal pilih aja mau cicilan pake opsi tenor yang mana. Berhubung saya mau nyicilnya santai dan nggak terlalu besar, saya pilih opsi tenor 12 bulan dengan angsuran sebesa Rp404.420 per bulannya.

Oh iya, sebagai informasi, nyicil HP pake Kredivo di Blibli sama aja kayak bayar pake metode lainnya ya. Kita tinggal pilih barang, checkout, nah pas pilih pembayaran baru deh pilih Kredivo. Tapi, kita wajib udah punya akun Kredivo lebih dulu. Kalo belum, ya daftar dulu. Setelah pilih Kredivo, kita bakal diarahin ke laman login akun Kredivo untuk menyelesaikan transaksi. Nggak sampe 5 menit, transaksi cicilan saya udah selesai dan barang langsung diproses sama Blibli. 😀

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *