Apa yang Anda Ketahui Tentang Triathlon? Triathlon merupakan sebuah ajang yang melibatkan dari olahraga yang berbeda-beda dan tentunya harus di tuntaskan dengan cara berututan. Meski ajang triathlon yang cukup bervariasi dari tiga olahraga, seperti berenang, bersepeda dan berlari jarak yang ditempuh dari ajang ini sendiri cukup bervariasi sehingga tidak mempunyai jarak yang sama diantara ketiga olahraga tersebut. Ajang triathlon mementingkan dari ketiga cabang olahraga tersebut dan mempunyai sejumlah tantangan tersendiri. Maka dari itu ketika akan mengikuti ajang triathlon butuh persiapan dengan jumlah banyak, sampai-sampai dapat mengikutsertakan diri pada olahraga yoga maupun pilates.

Secara internasional dari aspek jarak triathlon dapat dikategorikan ke dalam jarak sprint (tujuh ratus meter untuk renang, dua puluh kilometer untuk sepeda dan lima kilometer untuk lari) jarak intermediate atau standar atau yang sering disebut dengan jarak olimpiade (satu setengah kilometer untuk renang, empat puluh kilometer sepeda dan sepuluh kilometer untuk lari) jarak jauh atau yang disebut dengan ironman setengah (satu koma sembilan kilometer untuk renang, sembilan puluh kilometer sepeda dan dua puluh satu koma satu kilomter untuk lari) dan sedangkan untuk jarak ultra yang sering disebut dengan ironman (tiga koma delapan kilometer renang, seratus delapan puluh kilometer sepeda dan empat puluh koma dua kilometer untuk lari).

Mengingat ajang triathlon mengkombinasikan dari ketiga cabang olahraga, seorang atlet yang sudah pawai pada salah satu cabang olahraga tidak dapat serta merta akan dapat tampil untuk mejadi juara ajang triathlon. Pasalnya, selain membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang luar biasa pada setiap sesi olahraga juga harus memiliki strategi dan tantagan yang berbeda, sehingga untuk para peserta dari ajang triathlon sendiri diharap mempunyai kegigihan yang sangat tinggi untuk menjadi juara di ajang tersebut.

Ajang triathlon pada umumnya dilaksanakan didekat perairan yang terbuka, seperti laut, danau, sungat, kolam buatan outdoor) untuk rute sepeda biasanya mengamblil lokasi di jalan raya maupun di jalanan ofroad dan sedangkan untuk rute lari biasanya dilakukan pada jalan raya, pedestrian, pantai, tanah, trail dan bahkan di pegunungan. Peralatan yang digunakan disaat renang, sepeda dan lari ini di spesifikkan dnegan kebutuhan sehinggat dapat mempersingkat waktu transisi, ada pakaian khusus yang dapat digunakan ketika triathlon dan juga dapat digunakan disaat berenang, sepeda dan lari tanpa harus ganti pakaian pada setiap satu sesi olahraga. Ketika akan mengikuti ajang triathlon ada beberapa latihan yang harus dipersipakan dengan jangka waktu panjang, seperti:

  1. Berlatih untuk dapat menyelesaikan jarak dari masing-masing olahraga renang, sepeda dan lari pada ajang triathlon.
  2. Melatih pada dua macam olahraga secara berurutan untuk mendapakan transisi antara olahraga, seperti contohnya renang dengan sepeda maupun renang dengan lari dan sepeda dengan lari. Sehingga dengan cara tersebut akan mendapatkan transisi yang baik.
  3. Saat melakukan latihan dalam pengawasan mentor yang sama-sama memahami olahraga triathlon, bisa juga dari orang yang dipercayai mempunyai kemampuan maupun pengalaman pada ajang triathlon yang cukup maupun seorang pelatih dari ajang triathlon.
  4. Bergabung dengan komunitas-komunitas maupun club yang ada pada tempat tinggal sehari-hari ketika melakukan aktivitas.

Secara umum untuk para peserta dari ajang triathlon sendiri harus mempunyai kondisi kesehatan yang cukup baik dan harus menyatakan dengan secara tertulis jika ada kondisi medis yang perlu mendapatkan perhatian dari panitia. Selain itu, untuk para peserta dari ajang triathlon sendiri membawa perlengkapan medis sendiri-sendiri yang sekiranya perlengkapan medis tersebut tidak disediakan oleh para panitia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *