Apa Alasanmu Resign Sebagai Karyawan?

By | 30/01/2020

Meskipun pencari pekerja tiap tahun jumlahnya semakin meningkat, namun jumlah karyawan yang melakukan resign pun nyatanya cukup banyak. Berbagai alasan dari mereka untuk lebih memilih resign dari tempat kerjanya saat itu, entah untuk mencari kerja ditempat lain atau bahkan untuk memulai berwirausaha.

Dilansir dari tugaskaryawan.com rata-rata karyawan melakukan resign dari tempat kerja karena beberapa hal berikut ini :

  1. Terlalu banyak pekerjaan yang dilimpahkan
    Namanya manusia memiliki keterbatasa, meski sudah mengerjakan tugasnya sebagai karyawan dengan sebaik mungkin, tapi apabila tugas yang dibebankan terlalu banyak, belum lagi apabila tugas itu bukan dalam kapasitas kita, yang artinya tugas karyawan lain juga ikut dibebankan pada kita.
  2. Rasa bosan
    Pada umumnya rasa bosan ini muncul pada seoarang karyawan yang telah bekerja pada perusahaan tersebut minimal selama 5 tahun, terlebih pekerjaan yang dijalani tidak sesuai keinginan, sehingga hari-hari yang dijalani sebagai karyawan terasa berat.
  3. Visi misi perusahaan yang tidak jelas
    Perusahaan yang tidak jelas arahnya, dalam artian tidak jelas target yang ingin dituju, sangat berdampak pada pekerja bawahan, misal saja atasan menyuruh bawahan untuk mengerjakan berbagai hal ini itu, namun disisi lain ada aturan bahwa perusahaan dilarang melakukan pekerjaan yang sedemikian rupa. Sebagai karyawan biasa pasti bingung harus berbuat seperti apa, bila dikerjakan ada resiko untuk diri sendiri dan belum tentu perusahaan bertanggung jawab, bila tidak melakukan perintah atasan dikira karyawan tidak patuh, hal inilah yang membuat karyawan lebih memilih resign, karena bertahan pun percuma, visi misi perusahaan saja tidak jelas apalagi nasib karyawannya.
  4. Kurangnya apresiasi
    Seorang karyawan akan resign dari tempat kerjanya apabila sudah memberikan kontribusi yang menguntungkan perusahaan namun dari pihak atasan sama sekali tidak perhatian dengan karyawan yang telah berprestasi dengan tidak adanya apresiasi.
  5. Ketidak jelasan jenjang karir
    Sudah bekerja dalam kurun waktu yang lama dan telah memberi kontribusi yang baik, namun sama sekali tidak ada perubahan posisi atau jabatan menjadi lebih baik, hal ini merupakan salah satu bukti kongkrit yang membuat karyawan resign karena tidak adanya jenjang karir yang jelas.
  6. Lingkungan kerja sangat tidak kondusif
    Salah satu faktor yang mendukung untuk menjadi seorang karyawan dengan kinerja yang baik perlu adanya suasana dilingkungan kerja yang damai, namun apabila situasi dan kondisi lingkungan tempat kerja sangat tidak kondusif contohnya saja tidak adanya rasa kekeluargaan atau adanya persaingan yang tidak sehat inilah yang membuat karyawan lebih memilih resign.