Apa itu RAM? Fungsi dan Jenisnya

By | 27/07/2020

Istilah RAM kerap digunakan untuk menyebut sebuah hardware yang digunakan sebagai media penyimpanan data komputer. Seperti apa yang dijabarkan oleh Zanoor.com, besaran kapasitas RAM di dalam komputer memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut.

Apa Itu RAM

Random Acces Memory atau yang biasa disingkat dengan RAM merupakan sebuah piranti keras (hardware) yang ada di dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai instruksi program dan data sementara.

Isi dari RAM bisa diakses secara random. Sederhananya, akses ini tidak bergantung pada pengaturan tata letaknya. Data-data yang tersimpan di dalam RAM dapat hilang apabila komputer dinonaktifkan atau daya listrik yang tersambung ke power supply tercabut secara tiba-tiba dari perangkat yang digunakan.

Fungsi RAM

1.     Membaca Data

Saat sebuah program atau file dibuka, data akan dibaca dan disimpan di dalam RAM sementara. Sehingga nantinya akan lebih cepat untuk dibuka kembali apabila perangkat komputer belum dimatikan.

2.     Penyimpan Sementara

RAM juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika program dalam komputer sedang berjalan. Sebagai contoh saja ketika Anda mengerjakan makalah, komputer secara otomatis akan menyimpan data sementara saat program word dijalankan.

Meskipun bisa menjadi media penyimpanan, Anda harus tetap menyimpan data tersebut secara permanen, guna mencegah terjadinya kehilangan atau kerusakan data akibat hal-hal yang tidak terduga seperti lonjakan arus listrik yang tidak stabil ataupun listrik yang padam.

Jenis RAM

1.     SDRAM

Synchronous Dynamic Random Access Memory merupakan jenis RAM lanjutan dari DRAM. Akan tetapi versi ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Sehingga kinerjanya menjadi lebih cepat dibandingkan dengan DRAM.

2.     DDR RAM

DDR RAM adalah jenis RAM yang dikembangkan dengan teknologi lanjutan dari SDRAM. Jenis ini juga memiliki generasi terbaru yang diperkirakan akan terus berlanjut. Salah satu generasi terbaru dari DDR RAM adalah DDR2 dan DDR3.

3.     Dynamic RAM

Jenis RAM yang satu ini sudah di refresh oleh CPU secara berkala. Sehingga data yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang.

Selain ketiga jenis di atas, masih ada jenis RAM lain yang juga cukup sering digunakan oleh pengguna komputer. Sebut saja RDR RAM, S RAM, dan juga EDO RAM.