Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

By | 22/02/2020

Ada sebanyak 99% perusahaan yang menginginkan para pelamar mengirim surat lamaran yang diketik oleh software pengolah kata. Tapi itu tidak menutupi bahwa beberapa perusahaan yang lain ingin menerima surat yang ditulis tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Jika Anda menghadapi hal seperti ini, berikut adalah contoh surat lamaran kerja beserta tips menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Anda terapkan pada masalah Anda.

  • Membuat tampilan surat menjadi lebih profesional

Ada beberapa kiat yang bisa membuat surat lamaran tulisan tangan terlihat profesional. Seperti menggunakan kertas warna putih atau surat fotokopi dan ditulis menggunakan tinta warna biru untuk memperlihatkan bahwa surat itu bukan difotokopi. Tapi jika Anda ingin menggunakan kertas warna abu-abu, atau yang bergaris juga tidak dilarang. Memakai pena warna hitam pun tidak dilarang. Namun alangkah lebih baik menggunakannya.

Namun yang paling penting di sini adalah usahakan tulisan Anda rapi dan bisa dibaca.

  • Berikan napas tulisan dengan memberi enter

Sisakan satu baris kosong untuk memberikan jeda dan menghindari kerumitan dari tulisan Anda. Beri baris kosong tiap mau mengubah pembahasan topik.

Layaknya menulis surat lamaran di Microsoft Word, berikan enter tiap kali berganti topik.

  • Ditulis dengan tulisan sendiri

Tulisan bisa mengungkapkan jati diri Anda yang sebenarnya. Biasanya perusahaan membaca karakter diri seseorang dengan melihat tulisan orang tersebut.

Supaya perusahaan tidak salah membaca karakter Anda, tulislah surat lamaran Anda sendiri kendati tulisan kalian jelek.

  • Surat pengantarnya singkat

Yang penting cukup untuk memperlihatkan minat Anda pada pekerjaan tersebut, data diri, dan memotivasi orang yang membaca surat tersebut agar mau mewawancarai Anda.

Terlalu banyak kalimat juga tidak bagus. Karena itu tulisan tangan, bisa jadi membuat pembacanya agak malas membaca semua tulisan tangan Anda.

  • Tanda tangan

Dan jangan lupa, di akhir surat nanti berikan tanda tangan Anda sekaligus nama depan dan belakang. Tanda tangan itu bukan coretan, usahakan jelas. Karena siapa tahu nanti surat Anda akan dicetak.

Jikapun dicetak, tanda tangan Anda harus ditulis dalam kursif.

Itu adalah tips menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Tidak wajib kalian melakukan itu, tapi bisa Anda coba. Khsusnya jika tujuan Anda adalah perusahaan-perusahaan besar.