Efek Foto Bokeh, Seberapa Pentingkah?

By | 07/04/2020

Efek foto bokeh seberapa pentingnya untuk di gunakan ? Tahukah Anda bahwa adanya titik cahaya yang ada di luar fokus potret objek tertentu dapat menjadikan hasil foto kian sedap dipandang. Seperti halnya foto pernikahan. Kesan bokeh dalam potret tersebut tentu dapat menjadikan foto semakin indah, lembut dan menarik untuk dilihat. Bukan hanya bagi fotografer professional saja, sebagai pemula Anda juga bisa menerapkannya. 

Efek Foto Bokeh

Berkenalan dengan Foto Bokeh

Istilah yang amat terkenal dalam dunia fotografi ini merujuk pada sebuah fenomena optik dimana pengambilan sebuah foto lebih menonjolkan fokus subjek sehingga area selain titik fokus menjadi blur. Foto out of the focus ini adalah keindahan estetika yang dapat diperoleh dari lensa kamera. Jadi, hasil foto ini tentuk lain daripada yang lain.

Secara singkat foto ini juga bisa dimaknai sebagai cara lensa kamera untuk merender titik cahaya di bagian luar titik fokus. Foto ini paling sering menyoroti latar belakang pada sekitar objek layaknya refleksi specular serta sumber pencahayaan. Di samping itu, jenis foto ini juga tidak dibatasi oleh highlights polygon atau yang berbentuk bulat.

Apa Pentingnya Efek Foto Bokeh?

Barangkali sejumlah orang masih bertanya-tanya mengenai seberapa pentingkah foto blur tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjadikan foto blur ini menjadi suatu hal penting dilakukan.

  • Untuk menghilangkan bagian tidak penting

Dalam situasi tertentu tentu ada sejumlah bagian foto yang dirasa tidak penting untuk ditampilkan. Terlebih lagi jika bagian tersebut tidak dapat disingkirkan secara fisik. Maka dari itu, pengambilan foto blur penting dilakukan. Dengan menerapkan foto blur ini, bagian yang dirasa mengganggu tidak akan nampak lagi.

  • Menonjolkan objek utama

Jenis efek semacam ini sangat bagus bagi Anda yang ingin menonjolkan objek utama. Dengan membuat bagian lain terlihat kabur, maka penonton gambar Anda hanya dapat fokus pada objek utama.  

  • Meningkatkan nilai estetika pada gambar

Tidak hanya guna menonjolkan objek utama saja, efek foto ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nilai estetika pada gambar. Misalnya dengan menambahkan sejumlah kreasi seperti swirly, creamy, circular, donat, pentagonal dan sebagainya.

Sejatinya foto bokeh selalu menarik untuk dipelajari lebih jauh. Di samping menarik dan cantik, foto dengan efek semacam ini juga dapat memberikan kesan mendalam bagi penonton sekalian.