Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung Ijen

By | 28/04/2021

Gunung Ijen berlokasi di antara 2 wilayah, yaitu Bondowoso dan Banyuwangi yang termasuk dalam Provinsi Jawa Timur. Gunung Ijen memiliki luas 5.466 hektar dan sekitar 2.500 meter dari dasar laut. Gunung ini sangat cocok bagi Anda yang masih muda dan ingin memiliki pengalaman mendaki bersama keluarga, pasangan, dan teman.

rezekibarokah.com menjelaskan, banyak sekali hal menyenangkan yang dapat dilakukan setelah mencapai puncak, namun sebelum itu Anda juga harus mempersiapkan hal-hal ketika mendaki. Adapun 3 hal yang harus Anda lakukan sebelum mengeksplorasi keindahan Gunung Ijen adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki ketahanan tubuh yang kuat

Gunung Ijen terkenal dengan medan pendakiannya yang curam dan sulit. DIsarankan bagi Anda yang masih pemula sebaiknya mempersiapkan diri lebih matang. Sebelum mendaki, pastikan untuk makan dan istirahat sebelumnya agar tubuh lebih fit dan siap untuk mendaki dengan cuaca yang dingin dan medan yang sulit.

Pastikan untuk mempersiapkan tubuh Anda agar dapat melalui medan Gunung Ijen dengan pola hidup yang sehat. Ketika mendaki Anda juga dituntut untuk memiliki keterampilan kecepatan dan kecekatan sehingga menjadi penolong ketika berada di medan yang sulit.

  • Membawa perlengkapan mendaki

Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian, hal ini merupakan kalimat yang cocok bagi seorang pendaki. Perjalanan menuju puncak akan sangat sulit, oleh karena itu Anda disarankan untuk membawa peralatan seperti masker, sunscreen, baju tambahan, jas hujan, air mineral, dan makanan.

  • Kamera untuk mengabadikan momen spesial

Hal yang sangat disukai bagi para pendaki adalah proses menuju puncak yang menantang dan keindahan alam ketika sudah mencapai puncak. Setiap momen dalam mendaki pasti sangat indah untuk diabadikan, oleh karena itu Anda diperbolehkan membawa kamera.

Bagi Anda yang ingin berwisata dan mendaki ke Gunung Ijen namun tidak memiliki waktu luang untuk mempersiapkannya, tidak perlu khawatir karena ada agen-agen travel terpercaya . Travel ini dapat membantu Anda mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan mulai dari transportasi, hotel, hingga paket wisata setelah menuju Gunung Ijen. Sangat praktis, kan?