Kelebihan dan kekurangan Kayu Trembesi

By | 18/05/2020

Kayu trembesi memang dikenal sebagai alternatif pengganti kayu jati sebagai bahan baku utama dalam pembuatan produk-produk furnitre, salah satu produknya adalah meja makan trembesi. Karakteristik kayu trembesi sendiri hampir mirip dengan kayu jati, meskipun jelas-jelas kualitasnya tetap dibawah kayu jati.

Membeli meja makan trembesi di furniture jepara adalah pilihan tepat, karena tidak semahal meja makan yang terbut dari kayu jati, namun ada baiknya juga anda mengetahui kelebihan dan kekurangan meja yang terbuat dari kayu trembesi, simak ulasan dibawah ini.

Kelebihan kayu trembesi

  • Dibanding kayu jati pohon trembesi lebih cepat dalam masa pertumbuhan dengan diameter kayu sampai 1,5 meter, sehingga memudahkan para pengrajin furniture dalam membuat meja makan.
  • Dalam pemanfaatannya sebagai meja makan, kayu trembesi memberikan kesan yang kokoh, hampir rata-rata ketebalan kayu trembesi ini tidak ada yang dibawah 3cm.
  • Hasil furniture dari bahan baku kayu trembesi pun tidak kalah bagusnya apabila menggunakan kayu jati sebagai bahan baku utamanya.

Kekurangan Kayu Trembesi

  1. Dari segi kekuatan, kayu trembesi tidak sebanding dengan kekuatan kayu jati. Kayu trembesi berada pada grade 3 yang artinya kayu ini tidak mampu menopang beban yang terlalu berat, maka tak heran apabila pemanfaatan kayu ini lebih banyak dijadikan furniture meja makan.
  2. Dari segi keawetan, juga tidak sebanding dengan kayu jati, namun itu semua bisa diminimalisir dengan cara penggunaan dan perawatan yang benar, sehingga umur ekonomis furniture dari kayu trembesi bisa berlangsung lama.

Untuk tips perawatan furnitre dari kayu tremmbesi adalah sebagai berikut :

  1. Anda bisa memberikan olesan obat anti rayap dan jamur
  2. Usahakan penempatan meja makan di dalam ruangan tertutup, jika anda memiliki tempat makan yang berkonsep outdoor, meja dari kayu trembesi dinilai kurang cocok, karena tidak tahan dari segala cuaca.
  3. Sering-seringlah membersihkan debu yang melekat pada meja makan.
  4. Apabila meja makan ketumpahan air minum atau kuah masakan, segera lap menggunakan kain yang mudah menyerap air.