Bingung Pilih Bahan Poster? Pastikan Tahu Bagian Penting Ini Sebelum Memilih Bahan Poster

By | 13/08/2020
Memilih Bahan Poster

Poster biasanya menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari suatu acara atau promosi. Anda bisa meminta jasa percetakan untuk mencetak sebuah poster sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Tapi ketika ditanya mengenai bahan, mungkin Anda akan kebingungan sekali.

Memang ada banyak sekali percetakan terutama di kota yang ramai seperti Kota Surabaya. Sebelum Anda datang ke percetakan surabaya, paham dulu mengenai tujuan Anda mencetak poster. Tanpa memahami masalah ini, Anda akan kebingungan memilih bahan poster.

Bagian Penting Sebelum Memilih Bahan Poster di Percetakan Surabaya

1.     Lokasi Pemasangan Poster

Nah, bagian pertama yang harus dipikirkan terlebih dahulu adalah dimana Anda akan memesan poster tersebut. Setiap bahan poster memiliki karakter yang berbeda-beda dan tidak bisa digunakan untuk semua lokasi.

Pastikan terlebih dahulu apakah lokasi pemasangan bisa terkena cahaya matahari langsung dan hujan atau tidak. Jika memang iya maka Anda harus mencari bahan poster yang kuat dan cocok untuk dipasang outdoor. Jangan memilih bahan yang tipis dan warna yang mudah luntur.

2.     Penyesuaian Cahaya

Ketika Anda sedang memilih bahan poster, maka Anda juga harus memikirkan seberapa banyak cahaya yang akan diterima oleh poster tersebut. Ini memiliki kaitan dengan hasil akhir dan pengalaman orang-orang yang melihat poster tersebut.

Jika berada dilokasi dengan cahaya terang, gunakan lapisan tambahan doff atau matte. Fungsinya menghindari silau dan berdampak poster tidak bisa dibaca. Bahan yang tidak mengkilap akan sangat memudahkan orang-orang untuk membaca poster yang Anda pasang.

Jika tidak Anda atur seperti ini, bisa saja poster tidak akan dilihat sama sekali karena tidak nyaman untuk dibaca. Lalu jika cahaya rendah, Anda bisa memanfaatkan bahan yang mengkilap. Karena akan lebih mudah dibaca ketika berada di lokasi-lokasi dengan cahaya yang sedikit.

Bahan poster mengkilap cocok dipasang di lokasi seperti parkiran indoor, bawah jembatan layang, di dalam ruangan dan lain-lain.

3.     Jangka Waktu Penggunaan

Kemudian, bagian yang penting dan harus Anda perhatikan sebelum memilih bahan poster adalah jangka waktu penggunaan. Bagian ini akan sangat berpengaruh sekali pada bahan yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda salah pilih bahan yang justru akan menyebabkan poster tidak awet dan cepat sekali rusak.

Ketika akan memasang poster, Anda pastinya membuat sebuah target sampai kapan poster ini akan dibutuhkan. Contohnya Anda membuat poster acara bakti sosial yang akan dipasang jauh-jauh hari sebelum acara inti. Jadi, Anda harus memesan poster di jasa percetakan dengan bahan yang lebih kuat dan tebal.

Berbeda lagi jika poster itu Anda pasang untuk jangka waktu singkat seperti pemberitahuan acara yang beberapa hari akan terselenggara. Anda hanya butuh poster dengan bahan yang tipis dan tidak begitu kuat. Tentu harganya juga akan lebih terjangkau dibandingkan bahan poster yang tebal.

4.     Cara Pemasangan Poster

Sebelum menentukan bahan poster yang akan digunakan, Anda juga harus memikirkan bagaimana cara poster itu dipasang. Apakah akan menggunakan lem, paku atau digantung. Jika akan di lem maka bahan yang bisa Anda gunakan akan berbeda dengan bahan poster yang akan dipaku.

Mungkin Anda juga ingin memasang poster seperti model stiker yang tinggal menarik sisi belakang. Untuk model seperti itu, tentunya Anda juga butuh bahan yang khusus. Agar tinta printer bisa masuk dengan baik ke bahan seperti stiker tersebut.

Pastikan Anda sudah memikirkan beberapa bagian penting di atas sebelum menentukan bahan poster ketika di percetakan surabaya. Sehingga bahan poster itu akan bisa bekerja dengan maksimal karena sesuai dengan kemampuan bahan tersebut.