Menyiasati Keuangan Di Era Pandemi

By | 07/02/2021
Menyiasati Keuangan Di Era Pandemi

Menyiasati Keuangan Di Era Pandemi – Corona virus atau lebih dikenal dengan covid-19 ini telah membuat ekonomi diberbagai belahan dunia memburuk, dan tentunya sangat berpengaruh pada keuangan pribadi setiap orang, terlebih saat pandemi seperti ini banyak dilakukan PHK karena perusahaan tidak mampu menggaji karyawan, pengurangan jam kerja, bisnis kecil hingga besar merasakan dampaknya yaitu berkurangnya pemasukan.

Virus ini sangat cepat penularannya, tak heran jika pemerintah menerapkan beberapa kebijakan yang harus dilakukan meskipun berdampak di sektor ekonomi. Kebijakan yang diambil diantaranya :

  • Karyawan perkantoran diharuskan melakukan kerja dirumah atau kata lain dengan work from home
  • Adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)
  • Adanya PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat)
  • Pembelajaran secara daring 
  • Dilarang berpergian keluar kota dalam kurun waktu yang tidak dapat ditentukan
  • Jam operasioanal Mall, supermarket dikurangi
  • Resto, kafe, warung pinggir jalan yang menjual makanan hanya melayani dine in sampai waktu yang telah ditetapkan pemerintah setempat, selanjutnya bisa dilakukan secara take away atau delivery

Cara Mudah Menyiasati Keuangan Di Era Pandemi

Dari beberapa kebijakan diatas sangat berpengaruh sekali di bidang ekonomi, tak heran jika masayarakat banyak yang mengeluhkan kurangnya pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lalu apa solusinya agar keuangan di era pandemi tetap lancar? caranya adalah dengan melakukan bisnis online tanpa modal seperti halnya menjadi dropshiper. 

Dropshiper adalah sesuatu kegiatan menjual suatu barang atau makanan tanpa harus mengeluarkan modal, dimana kamu hanya memposting apa yang dijual oleh seller yang telah kamu ajak kerjasama. Kebanyakan dropshiper lebih memilih menjualkan barang milik orang seperti pakaian, sepatu, tas, frozenfood, kosmetik serta skincare. Meskipun kegiatannya tinggal menjualkan barang jualan milik orang lain, kamu tetap harus menguasai detail barang yang kamu jual, karena calon pembeli butuh informasi sedetail mungkin dari penjual.

Mengenai Up harga, karena kamu tidak butuh modal up lah harga sewajarnya agar apa yang kamu jual mudah laku, meskipun untuk per item untung sedikit, jika laku banyak kamu akan merasakan keuntungan yang lebih. Yang terpenting, jadilah dropshiper yang amanah ya, jangan sesekali mengecewakan calon pembeli, karena akan berdampak pada reputasi jualan online mu.