Pakan Lobster Air Tawar Agar Cepat Bertelur

By | 05/06/2020

Lobster terdiri dari dua jenis yaitu lobster air tawar dan lobster air laut. Keduanya merupakan bahan makanan hewani kaya protein yang sangat diminati masyarakat. Semakin tingginya permintaan pasar, kini sudah banyak orang yang melakukan ternak lobster air tawar. Pasalnya usaha ini mudah dilakukan dan memiliki prospek bagus.

Pakan Lobster Air Tawar Agar Cepat Bertelur

Dalam melakukan budidaya lobster jenis air tawar, hal yang harus diperhatikan yaitu dalam pemilihan pakan. Ada beragam jenis pakan yang dapat Anda gunakan dan masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebelum Anda memutuskan membeli jenis pakan lobster air tawar agar cepat bertelur, silahkan simak pembahasan berikut.

Jenis Pakan Lobster Air Tawar yang Berkualitas Agar Cepat Bertelur

Jenis pakan lobster terdiri dari dua macam yaitu pakan alami dan buatan. Perlu Anda ketahui bahwa lobster jenis air tawar termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Berikut ini jenis pakan untuk budidaya lobster air tawar.

  1. Pakan pabrikan/buatan
  2. Pellet udang

Pellet udang merupakan jenis pakan lobster air tawar buatan yang berfungsi untuk mempercepat lobster bertelur. Bahan pakan lobster ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga mampu mempercepat pertumbuhan.

  • Pellet lobster khusus air tawar

Tidak jauh beda dengan pellet udang. Pellet ini berfungsi untuk pempercepat pertumbuhan udang dan merangsang agar lobster cepat bertelur. Selain kaya akan kandungan protein, pakan ini juga mengandung kalsium yang tinggi.

  1. Pakan alami
  2. Eceng gondok

Eceng gondok adalah tanaman air yang sangat bagus untuk makanan lobster air tawar. Selain kaya kandungan mineralnya, tumbuhan ini juga mudah didapatkan. Agar mudah dicerna saat memberikan pakan, maka eceng gondok harus dipotong halus terlebih dahulu.

  • Selada air

Hampir sama dengan eceng gondok, tumbuhan ini mengandung mineral yang cukup tinggi. Makanan ini bisa diberikan sebagai selingan ketika keberadaan eceng gondok berkurang karena musim kemarau.

  • Usus ayam

Usus ayam yaitu jenis makanan lobster air tawar yang berfungsi untuk proses pertumbuan lebih cepat. Selain mengandung protein juga kaya akan kandungan lemak hewani. Usus sering digunakan sebagai pakan lobster air tawar agar cepat bertelur dan untuk mempercepat pertumbuhan.

  • Cacing sutra

Cacing sutra merupakan jenis pakan lobster yang sangat direkomendasikan. Pakan hewani ini bisa diberikan secara langsung dalam kondisi hidup, sehingga tidak mengotori kolam.

Jenis-jenis pakan lobster air tawar yang disebutkan di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan memberikan jenis pakan yang bervariasi, maka akan mendukung proses budidaya lobster air tawar pada masa pertumbuhan sehingga mampu merangsang lobster menjadi lebih cepat bertelur.