Penjelasan Tentang Kekuatan Agregat Beton

By | 04/02/2021
Penjelasan Tentang Kekuatan Agregat

Pengecoran merupakan salah satu aktivitas penting dalam pembangunan. Kekuatan beton yang bagus dan stabil akan memberikan dampak pada bangunan berupa awet serta tahan terhadap berbagai guncangan. Dapatkan harga ready mix per m3 sesuai dengan kebutuhan konstruksi di perusahaan indojayareadymix.

Jenis-Jenis Bahan Beton Dalam Mempengaruhi Kekuatan Agregat

Butiran bermacam-macam agregat memiliki peran penting dalam menghasilkan kualitas beton. Penggunaannya juga harus menyesuaikan takaran supaya membentuk hasil terbaik. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis bahan beton dalam mempengaruhi kekuatan agregat.

  • Batu

Jenis bahan yang pertama adalah batu. Ini merupakan material dengan butiran lebih besar dari ukuran 40 mm. Selain itu, kegunaannya juga mempengaruhi kekuatan beton. Berbagai jenis dari batuan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam proses pembuatan beton selama ini, pada umumnya terdapat tiga jenis batuan. Pertama adalah beku yang mempunyai tekstur halus, contohnya apung, basalt, andesit, dan lainnya. Kemudian ada batuan sedimen, yakni berasal dari endapan. Terakhir, metamorfosis yaitu karena perubahan suhu.

  • Kerikil

Agregat berikutnya yang membantu proses pembuatan daya kuat sebuah beton adalah kerikil. Ini merupakan bagian hasil dari alami batu berupa pecahan dengan ukuran 5 sampai 40 mm. Kehadiran material tersebut menjadikan adonan cor lebih bertekstur.

Syarat-syarat dari kerikil yang bagus antara lain, butirannya tajam, kuat, dan bersudut, tidak mengandung garam, mempunyai gradasi, tidak mudah hancur, dan memiliki kandungan zat organis. Pilih beton siap pakai dan pertimbangkan harga ready mix per m3 terbaru.

  • Pasir

Jenis bahan berikutnya adalah pasir. Ini merupakan material yang memiliki ukuran kecil biasanya kurang dari 5 mm. Macam-macamnya antara lain, alam, buatan, dan galian. Agar hasil dari beton bagus, maka penting dalam memilih variasi butir baik.

Jumlah air biasanya mampu mengambangkan pasir dengan takaran yang tepat. Ketebalan lapisan, pada suatu kadar air tertentu menjadi sama dengan volume jenis kering. Maka, sangat penting mendapatkan tekstur pas agar hasil beton berkualitas. Itulah informasi tentang bahan-bahan pembuatan beton yang mempengaruhi kekuatan agregat. Anda bisa langsung mengecek harga ready mix per m3 dan memilih mutu terbaik berdasarkan kebutuhan konstruksi.