Perbedaan Flange JIS dan ANSI yang Berlaku Pada Standar Internasional

By | 05/04/2020

Ada beberapa standart flange yang kita pakai selama ini. Di antaranya adalah JIS dan ANSI. Kedua standart flange ini sangat terkenal di Indonesia, tapi bila dibandingkan, kira-kira apa perbedaan flange JIS dan ANSI yang selama ini menjadi standar flange yang negara kita ikuti?

Perbedaan Flange JIS dan ANSI

Sayangnya Indonesia belum memiliki standar sendiri. Jika pun ada, paling standarnya hanyalah SNI yang salin tempel pada standar-standar lain.

Jadi sangat wajar jika flange yang kita gunakan saat ini memakai standar luar negeri.

Inilah Perbedaan Flange JIS dan ANSI

JIS adalah standart yang berlaku di Jepang. JIS merupakan kepanjangan dari (Japanese Industrial Standards). Ia menjadi pilihan lain dalam ukuran metrik, JIS menyediakan kelas tekanan darimulai JIS 5K, JIS 10K, JIS 15K dan JIS 20K.

Jenis flange yang tersedia pun beragam, darimulai WeldNeck, Slip On, Blind dalam konfigurasi Raised Face atau Flat Face. Semuanya dapat Anda beli di tempat jual flange besi Nusantara Teknik.

ANSI adalah(America National Standards Institute), alias standart yang berlaku di Amerika. Dibanding JIS, ANSI mencakup hal yang lebih luas dan lebih lengkap lagi. Tak jauh beda dengan JIS, hanya saja lebih unggul.

Perbedaan flange JIS dan ANSIberikutnya adalah kelas tekanannya, ANSI dimulai dari ANSI 150, ANSI 300, ANSI 400, ANSI 600, ANSI 900, ANSI 1500 dan ANSI 2500.

Sementara jenis-jenis flange milik ANSI mencakup seluruh jenis flange yang ada: Slip On, Weld Neck, Blind, Lap Joint, Threaded, dan Socket Weld.

Material yang JIS dan ANSI Gunakan

Material yang digunakan masih sama, jikapun ada perbedaannya mungkin tidak begitu jauh.

Seperti menggunakan:

  • Kuningan
  • Perunggu
  • Besi Cor atau Besi Tuang
  • Stailess Steel
  • Aluminium
  • Besi yang dapat dibentuk
  • Dan lain-lain

Tapi soal kekuatan, ANSI tampaknya lebih unggul. Sebab ia telah dipercaya dalam skala internasional. Menjadi standart yang diikuti beberapa negara, tapi pilihan berada di tangan Anda.

Di antara perbedaan flange JIS dan ANSI mana yang berhasil memikat Anda?