Protokol Kesehatan New Normal di Tempat Wisata

By | 12/06/2020
Protokol Kesehatan New Normal di Tempat Wisata

Dimasa pandemi saat ini, dunia sedang mencoba melawan covid-19 atau virus corona, untuk memutus mata rantai, diberbagai belahan dunia telah memberlakukan adanya :

  1. Lockdown
  2. Physical distancing atau Social distancing
  3. Stay At Home atau dirumah saja
  4. Melakukan rapid test masal
  5. Melakukan swab test masal
  6. Mewajibkan pemakaian masker
  7. Sering mencuci tangan
  8. Serta selalu sedia hand sanitizer

ke delapan hal diatas dilakukan agar cepat memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, namun sudah berbulan-bulan kasus positif dan yang meninggal kian bertambah banyak, bahkan para tenaga medis sebagai garda terdepan telah banyak yang gugur terkena dampak virus ini, karena memang tenaga medis rentan tertular dengan virus ini. Pandemi ini telah menyita perhatian publik, bahkan sangat berdampak diberbagai sektor bisnis ekonomi serta pariwisata.

Karena sampai saat ini vaksin untuk covid-19 belum ditemukan, dan belum ada kepastian kapan adanya, kini berbagai negara dibelahan dunia telah memberlakukan new normal atau kehidupan baru dengan tetap patuh pada aturan atau protokol kesehatan sesuai anjuran WHO (World Health Organization).

Menurut Topi Jelajah kini pariwisata di Indonesia tengah bersiap-siap menyambut new normal, meskipun belum semua destinasi wisata siap membuka diri, namun sudah ada beberapa tempat wisata yang telah siap dikunjungi oleh wisatawan. Menjalankan New Normal, tempat wisata harus memperhatikan protokol kesehatan yang wajib diterapkan, diantaranya :

  1. Membatasi jumlah pengunjung setiap harinya
  2. Menyiapkan tempat cuci tangan serta sabun dalam jumlah yang cukup banyak
  3. Menyiapkan hand sanitizer
  4. Melarang pengunjung yang tidak memakai masker masuk ke area objek wisata
  5. Melakukan pengecekan suhu tubuh
  6. Menyiapkan bilik disenfektan
  7. Tetap menjaga jarak

Ke tujuh hal itu wajib dilaksanakan dengan harapan mempercepat pemutusan mata rantai penularan covid -19.Topi jelajah juga menyarankan agar pengunjung atau wisatawan untuk selalu membawa hand sanitizer sendiri, dan membawa masker lebih dari satu untuk berjaga-jaga bila masker yang dipakai sudah kotor bisa mengganti dengan masker lain yang bersih.